Kokoro ni Nokoru Taikai, Tema JFF ke 28

oleh -220 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Kokoro ni Nokori Taikai dipilih jadi tema Bunkasai Japan Fun Festival (JFF) ke 28 program studi Sastra Jepang (Prodi Sasjep) Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya. Kokoro ni Nokoru Taikai dimaknai sebagai Perlombaan yang mengesankan, digelar di Gedung Perkuliahan FS (H lantai 2), kegiatan ini juga merupakan kegiatan tahunan Prodi Sasjep yang sekaligus sebagai media pengenalan Sastra Jepang Unitomo ke khalayak luas melalui JFF.

Aditya Eka Yulianzah, Ketua Panitia Kegiatan mengatakan kegiatan Bunkasai JFF ke 28 tahun ini mengundang siswa SMA/SMK/MA se Jawa Timur untuk memeriahkan lomba-lomba yang diadakan. “Ada sekitar 200 peserta baik dari SMA, SMK, maupun Umum. Peserta yang diutamakan adalah Siswa yang berminat pada bahasa dan budaya Jepang. Meski demikian, ada peserta yang dari Bali begitu antusiasnya mengikuti kegiatan ini”, ungkap mahasiswa Sasjep semester 6 ini.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor III, Sucipto ini disaksikan Konsulat Muda Jepang, Nakagome Kota serta Dekan FS, Cicilia Tantri Suryawati. Dalam sambutannya, Nakagome Kota mengatakan terkesan dengan kegiatan yang diselenggarakan. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terselenggara dengan memadukan budaya Jepang dengan keramahan Indonesia. Ini menjadi kolaborasi yang menarik”, ujarnya.

Sementara itu, Dekan FS, Cicilia Tantri Suryawati saat ditemui di sela kegiatan mengatakan kegiatan Bunkasai JFF ke 28 menjadi salah satu kegiatan yang mampu menghidupkan gairah mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan dengan sentuhan cross cultural. “Ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain dalam menggelar kegiatan, dan tetap mengangkat nilai-nilai yang sifatnya lintas budaya internasional, jalinan kerja sama, dan mengasah kreativitas serta sportivitas”, kata wanita yang akrab disapa Sensei Tantri ini.

Baca Juga :  Satu-satunya di Jawa Timur, PCU Miliki Alat Simulasi Beban Gempa

Sebagai informasi, Bunkasai JFF ke 28 membuka kategori lomba untuk SMA antara lain Olimpiade kanji, Cerdas cermat, Shodou (Menulis Kaligrafi Jepang), Kakikikitori (Mendengar dan menulis), dan Rodoku (Membaca tulisan Jepang dengan jelas dan nyaring). Selain lomba, pada acara JFF ini menampilkan langsung kegiatan Chanoyu (upacara minum teh), dan penampilan Kendo (seni bela diri Jepang) dan lain sebagainya. Dan akan ada penampilan dari guest Idol wish, Nichi Band, Serta berbagai performer lain yang turut memeriahkan acara JFF tahun ini.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News