KidZania Surabaya, Wahana Bermain Edukatif Ajak Anak Praktek Beragam Profesi

oleh

KILASJATIM.COM, Surabaya –
Wisata Edukatif Baru di Surabaya, KidZania Ajak Anak Langsung Praktek Beragam Profesi.
Wisata Baru untuk Anak, Ada 45 Wahana Beragam Profesi di KidZania Surabaya
Wisata Baru untuk Anak, Bisa Jadi Pilot dengan Pesawat Sungguhan di Kidzania Surabaya

Diam. Bilang aja ke hakim, kata Christian (10) pada pencuri yang tidak mau mengaku bersalah. Padahal jelas-jelas Christian dan timnya, Zamero (9) & Daniel (10) memergoki pencuri sedang membobol toko emas melalui CCTV control room Kota Metropolis KidZania. Kool, bapak-bapak sudah melakukan pengejaran dan berhasil menangkap pencuri. Jangan ditiru ya perbuatan buruknya, kata seorang kepala polisi perempuan yang sedang bertugas kepada mereka bertiga. Begitulah Christian, Zamero dan Daniel bermain peran menjadi polisi di KidZania. Seru!

Lokasi KidZania Surabaya berada di lantai 2 Lagoon Avenue Mall Sungkono, kawasan superblock Grand Sungkono Lagoon. Luasan areanya mencapai 4500 m2 untuk menciptakan replika sebuah kota dengan beragam fasilitas yang mendukung tiap-tiap profesi.

Selain polisi, ada 108 profesi lainnya yang bisa dicoba di 45 wahana atau establishment.
KidZania adalah angin segar dalam dunia anak-anak Indonesia, terutama Surabaya. Anak-anak tidak hanya diceritakan atau diberi tontonan, tapi benar-benar langsung diberi pengalaman dan perspektif dunia kerja orang dewasa. Edukatif, tapi juga entertaining dan menyenangkan,” jelas Tarno Darwan, City Mayor KidZania Surabaya.

Kegiatan belajar menyenangkan ini dirancang untuk rentang usia 4-16 tahun dan mempersiapkan anak ke era industry 4.0. Ragam Wahana & Atraksi : Pesawat Terbang Nyata 1:1 untuk Pilot Kecil Pembangunan establishment menyesuaikan konsep aktivitas.

Kegiatan forensik laboratorium dibuat semirip mungkin dengan versi nyata. Misalnya saja Rumah Sakit. Ruang IGD terkoneksi dengan area datangnya ambulans. Apakah ada ambulansnya? Ya, ada mobil ambulans mini untuk menjemput pasien. Jalanan Kota Metropolis KidZania riuh dengan mobil pemadam kebakaran, mobil ambulans, bus city tour, bahkan troli barang kurir belanja online.

 

Yang spektakuler, bagi pilot-pilot kecil disediakan badan pesawat terbang asli skala 1:1. Badan pesawat ini menjadi salah satu establishment untuk bermain peran menjadi pilot dan awak kabin. Di dalamnya ada 4 kokpit lengkap dengan simulator penerbangan.

Setelah bekerja di establishment, anak-anak akan digaji dengan mata uang khusus KidZania, yakni KidZos. Ada bank untuk bertransaksi, bahkan kantor pajak untuk membayar pph. Tidak usah khawatir jadi pengangguran di sini, karena ada pula Job Center sehingga anak-anak bisa diarahkan ke establishment yang tersedia untuk bermain. Permainan edukatif yang menantang inilah yang membuat anak-anak tidak bosan mengeksplorasi.

Bagi orang tua, konsep yang disajikan KidZania ini dirasa pas untuk membangun tanggung jawab anak dan pola pikirnya.
Saat bermain tidak hanya menyenangkan, tugasnya membuat mereka berpikir dan berstrategi, jelas Fu Ling (34), ibu dari tiga anak yang bersekolah di IPH Schools Surabaya.

Sebelumnya, anak-anak Fu Ling memang gemar bermain di KidZania Jakarta. Saat mendengar KidZania Surabaya dibuka, seluruh keluarga antusias bukan main. Sudah dinanti-nanti oleh anak-anak, kami orang tua juga lega karena KidZania sudah ada di Surabaya,” jelasnya.

Efektif Menerapkan Protokol Kesehatan, Orang Tua Tenang
Menanggapi situasi dunia saat ini, Ibu Uchu Riza, Mentor Minister KidZania Surabaya juga mengungkapkan bahwa ada tiga hal penting yang menjadi tantangan dalam penyelenggaraan Taman Bermain/Theme Park.
Keselamatan, Pendidikan dan komunitas,” ujar Uchu.

Ketiganya akan diterapkan secara ketat dan berkesinambungan di KidZania Surabaya agar penduduk kota mini ini, yakni anak-anak dan pendampingnya, merasa aman dan nyaman.Dalam hal keselamatan, Protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dilakukan dengan amat ketat.
Kapasitas anak yang bermain dalam establishment dikurangi hingga separuhnya. Hand sanitizer disediakan di tiap-tiap establishment dan juga petugasnya.

Setiap sebelum dan sesudah bermain, anak-anak diminta cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Ruangan disterilkan terlebih dahulu sebelum sesi selanjutnya masuk. Dalam antrian, anak dijelaskan sembari diatur jaraknya.

Orang tua yang awalnya khawatir menjadi lega. Aku lihat KidZania serius protokol kesehatannya dan membantu orang tua untuk mengajarkan pentingnya menjaga jarak dan selalu ingat menggunakan hand sanitizer pada anak, ungkap Novindah (30).

Novindah yang juga moms influencer ini berbagi tips. Sebelum berangkat buat anak tertarik, kemudian beri arahan untuk selalu pakai masker tanpa melepasnya. Dengan begitu selalu termotivasi untuk tidak melepas masker,” imbuhnya.

Mulai 12 Desember ini, KidZania Surabaya beroperasi pada pukul 12.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya. Tempat wisata anak terbaru di Surabaya ini dapat menjadi rujukan rombongan sekolah maupun wisata keluarga.

Tentang KidZania,
Dunia anak adalah dunia yang imajinatif dan eksploratif. Mengajak mereka bermain peran dalam sebuah kota replika kota akan memberikan mereka pengalaman yang sangat berharga. Konsep edutainment yang dibawa KidZania ini menjadi konsep yang inovatif dan interaktif, sangat disukai dan paling cepat berkembang di dunia.

Dibuka 1997 di Meksiko, KidZania Inc berekspansi ke pasar Amerika Serikat, Prancis, Afrika Selatan, hingga negara-negara Asia. Menjadikan KidZania sebagai global leading company dalam dunia pendidikan anak.

Kota Metropolis KidZania adalah kota anak-anak interaktif yang memadukan inspirasi, kesenangan, dan pembelajaran melalui permainan peran yang realistis untuk anak-anak usia 2-16 tahun. Anak-anak dapat secara mandiri menjelajahi kota berukuran anak-anak dengan lebih dari 100 pilihan karir yang menarik. Setiap pengalaman ultra-realistis dirancang untuk memberdayakan anak-anak, memberi mereka kepercayaan diri untuk menjadi yang terbaik, dan inspirasi untuk menjadi warga dunia yang hebat.

KidZania, Inc., yang berkantor pusat di Meksiko, didirikan pada tahun 1997, membuka pusat pertama pada tahun 1999, dan masih berupa perusahaan pribadi. Kini sudah ada di 27 lokasi di 21 negara di dunia. Pada tahun 2020 ini, Surabaya akan menjadi lokasi terbaru untuk KidZania. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *