Kelompok Binaan CSR Pertamina di Jambangan, Ciptakan Pasar Mandiri Tambah Pendapatan Selama Ramadan

oleh SebarTweet

Bazar Ramadan di Taman RT. 02 RW. 01 Kel. Jambangan Kec. Jambangan mampu meningkatkan pendapatan kelompok melalui terciptanya pasar mandiri.

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Surabaya tingkatkan pendapatan masyarakat sepanjang Bulan Ramadhan 1443 H melalui kegiatan Bazar Ramadhan bertempat di Taman RT. 02 RW. 01 Kel. Jambangan Kec. Jambangan Kota Surabaya yang berlangsung sejak awal Bulan Ramadhan sampai dengan akhir Ramadhan pada awal Mei 2022.
Kegiatan Bazar Ramadhan selain bertujuan untuk menyambut bulan suci Ramadhan juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan kelompok melalui terciptanya pasar mandiri. Taman RT. 02 RW. 01 sendiri merupakan lokasi yang strategis untuk mengadakan kegiatan bazar karena merupakan jalur alternatif menuju Kelurahan Jambangan.
Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan, program CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus ini sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

“Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program pemberdayaan terutama untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Melalui program ini, semoga dapat semakin membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentunya dalam rangka menciptakan ekonomi mandiri”, kata Deden melalui siaran resminya yang diterima Redaksi kilasjatim.com Jumat (22/4/2022).

Kegiatan Bazar Ramadhan ini diinisiasi secara mandiri oleh Kelompok Binaan CSR Pertamina Integrated Terminal Surabaya Kelompok Program Pusat Ekonomi Jambangan Hebat (Pejabat). Bazar yang dibuka mulai pukul 15.00 WIB sampai sampai dengan 18.00 WIB ini diikuti lebih kurang 13 UMKM dengan aneka jualan, mulai dari aneka macam es, gorengan, botok, dimsum, ayam geprek, takoyaki, martabak mini, jamu herbal serta fashion.

Total omzet setiap harinya mencapai 4-5 juta rupiah. Setiap hari setidaknya terdapat kurang lebih 100 orang pengunjung memadati bazar, mengingat sudah 2 tahun belakangan tidak diijinkan terdapat aktivitas sosial masyarakat.

Riris, Ketua Kelompok Pejabat menjelaakan,, bazar ramadhan ini pertama kali dilaksanakan di RT. 02 RW. 01 Kelurahan Jambangan. Keseluruhan UMKM sudah memiliki legalitas PIRT.

“Saya selaku perwakilan dari Kelompok Pejabat sangat berterima kasih kepada Pertamina karena sudah membantu Kelompok Pejabat untuk lebih berkembang melalui kegiatan-kegiatan yang diberikan, mulai dari pembinaan hingga pelatihan-pelatihan. Harapan kami, semoga Kelompok Pejabat semakin terkenal dan menambah pendapatan bagi kelompok, ” ujarnya seraya menambahkan harapan kedepan, semoga Kelompok Pejabat dapat lebih mandiri.

Program Pejabat sendiri menurut Riris, sudah memasuki tahun ke-4 menjadi binaan CSR Pertamina. Kelompok program ini terdiri dari ibu-ibu kelompok pelaku UMKM untuk mencari ekonomi tambahan. Sebagian besar produk yang dihasilkan UMKM Pejabat berasal dari bahan daur ulang , makanan rumahan dan minuman herbal.

Kelompok Pejabat memiliki komitmen bersama yang dituangkan dalam sebuah slogan yaitu Si MAMA (Sinergi Makmur Bersama). Komitmen untuk bersinergi agar tercipta kehidupan yang layak secara bersama-sama dengan seluruh anggota Kelompok Pejabat. Terlaksananya bazar Ramadhan ini merupakan bukti nyata dalam mewujudkan komitmen Sinergi Makmur Bersama. (kj2)