Kapolda Jatim Cek Persiapan Mudik di Pelabuhan Tanjung Perak

oleh -534 Dilihat

Foto : Peninjauan Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto dan Forkopimda Jatim pada persiapan mudik di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya

KILASJATIM.COM, SURABAYA: Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto beserta Forkopimda Jawa Timur pada hari ini Senin (17/4) tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kunjungan Kapolda Jatim beserta jajarannya pada hari ini bertujuan untuk melakukan peninjauan terkait kesiapan arus mudik Idul Fitri 1444 H / 2023.

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh Plh. CEO PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa, Johanes Wahyu Hertanto dan General Manager Kalimas, Terminal Penumpang dan Ro-Ro PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa, Dhany Rachmad Agustian dan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya, Anto Julianto.

Kapolda Jatim mengatakan bahwa, kunjungan ini bermaksud untuk mengecek kesiapan moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak terutama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran 1444 H pada tahun ini.

“Kunjungan hari ini memang dikhususkan untuk mengecek kesiapan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) dan kesiapan anggota dalam mengamankan kegiatan arus mudik lebaran 2023,” urai Irjen Pol Toni dalam tinjauannya.

Dhany juga menambahkan, moda transportasi laut sangat bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik. Pasalnya, pemudik dapat terhindar sekaligus mengurangi beban kemacetan di jalur darat saat memasuki puncak arus mudik.

“Artinya ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melaksanakan mudik menggunakan moda kapal laut, untuk kurangi potensi beban kemacetan yang diprediksi pada arus mudik yang kemungkinan mulai nanti malam akan terus meningkat. Ini tentunya bisa jadi pilihan bagi rekan-rekan,” jelas Dhany saat ditemui.

Baca Juga :  Gandeng KPRI Al-Ikhlas Kemenag Kota Surabaya, PT Kaffa Persada Properti Bidik Guru Madrasah

Dari pengecekannya secara langsung, Irjen Pol Toni memastikan Pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat dari berbagai wilayah yang melakukan perjalanan mudik.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni juga melakukan pengecekan beberapa fasilitas di Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara seperti, Thermal Scanner, Ruang Laktasi, Ruang Pemeriksaan Dokumen, Ruang Tunggu penumpang yang sudah dipersiapkan oleh pihak terminal. Terdapat juga posko lebaran 2023 yang berfungsi sebagai pos pengamanan dan sarana informasi bagi penumpang yang akan naik maupun turun kapal di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara.

Irjen Pol Toni juga mengapresiasi seluruh stakeholder terkait kesiapan menjelang arus mudik. Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk tetap melakukan pengamanan dan ketertiban selama arus mudik lebaran 2023.

“Saya kira ini sudah bagus, karena terdapat posko pengamanan yang melibatkan TNI-Polri dan stakeholder terkait yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk mendapatkan informasi seputar arus mudik.

Di sisi lain, terkait volume lonjakan penumpang, Dhany Rachmad Agustian memaparkan bahwa, puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak diprediksi akan mulai terjadi di H-2 Lebaran 2023 dengan angka penumpang mencapai di atas 1.000 orang per hari.

“Hingga H-6 prediksi arus penumpang mengalami kenaikan yang signifikan 57% atau sebanyak 6.537 orang dibanding tahun 2022 pada periode yang sama dengan jumlah penumpang sebanyak 4.155 orang,” sambungnya.

Mengatasi terjadinya lonjakan arus penumpang mudik 2023 tersebut Pelabuhan Tanjung Perak bekerjasama dengan stakeholder sudah mempersiapkan berbagai fasilitas terkait kesiapan arus mudik lebaran 2023 di Terminal Penumpang sejak H-15.

“Tentu kami sebagai penyedia layanan transportasi Laut sudah mempersiapkan segala sesuatu hal yang nantinya bisa mempermudah calon penumpang yang akan melakukan mudik lebaran 2023 hingga fasilitas Bus Damri untuk sarana penjemputan penumpang menuju Terminal Purabaya atau Bungurasih,” tutur Dhany.

Baca Juga :  Jaga Keamanan Pergantian Malam Tahun Baru, Khofifah Bareng Kapolda dan Pangdam Buat Komitmen Bersama

Di akhir tinjauan, Irjen Pol Toni menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berusaha secara maksimal dalam mewujudkan mudik yang aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia.

“Terimakasih kepada seluruh rekan-rekan stakeholder yang bertugas memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat merasa aman, selamat sampai tujuan dan tetap sehat,” papar Irjen Pol Toni. ari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.