Kanwil IV KPPU Apresiasi Kemendag Pastikan Pasokan Minyak Goreng di Daerah

oleh SebarTweet

Mendag M. Lutfi saat sidak di Pasar Tambah Rejo Surabaya dialog langsung dengan pedagang Jumat (18/02/2022) 

KILASJATIM.COM, Surabaya – Menteri Perdagangan (Mendag) Republil Indonesia, Muhammad Lutfi  melakukan kunjungan ke Pasar Tambak Rejo di Surabaya untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng, Jumat (18/02/ 2022). Lutfi langsung berdialog dengan para pedagang pasar seputar pasokan  dan harga minyak goreng.

Lutfi mendapati pengakuan bahwa para pedagang masih kesulitan untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga jual kembali sesuai ketentuan pemerintah.

“Saya cukup terkejut dengan temuan hari ini karena sebenarnya pemerintah sudah distribusikan jutaan liter minyak goreng ke seluruh Indonesia,” ungkap Lutfi.

Guna mengatasi kondisi ini Lutfi menegaskan bahwa hari ini juga Kemendag secara khusus langsung kirimkan pasokan minyak goreng.

“Saya sudah siapkan pasokan minyak goreng dan saya pastikan hari ini juga para pedagang disini bisa memperoleh minyak goreng dengan harga Rp 10.500,-/liter, namun harus dijual kepada konsumen sesuai ketentuan pemerintah Rp 11.500,-/liter”, tegasnya.

Secara khusus Dendy mengapresiasi langkah Kemendag dalam merespon kesulitan para pedagang.

“Kami mengapresiasi langkah responsif dan solutif Bapak Menteri Perdagangan, karena memang baik pedagang maupun konsumen sudah cukup lama kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga sesuai HET, ” ujar Dendy.

Sementara itu disisi lain KPPU juga tengah melakukan proses penegakan hukum terkait polemik minyak goreng ini.

“Saat ini KPPU telah meningkatkan penanganan masalah minyak goreng ke tahap penegakan hukum, selanjutnya kami harapkan para pihak dapat kooperatif dan segera menyampaikan keterangan serta data yang diperlukan”, pungkas Dendy.

Dalam sidaknya di Surabaya Mendag didampingi  Armuji (Wakil Walikota Surabaya), Dendy R. Sutrisno (Kepala Kanwil IV KPPU), Drajat Wibowo (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur), Polda Jawa Timur, dan Bulog Divre Jawa Timur.  (kj2)