Kantor UTD PMI Pindah, Sekda Soekaryo Pastikan Gedung Lebih Aman dan Memadai

oleh -260 Dilihat

KILASJATIM.COM, BONDOWOSO: Kantor Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kini dipindah dan gedung dijamin lebih representatif.

Area UTD menjadi satu area dengan gedung Akper, tepatnya di belakang RSUD dr Koesnadi.

UTD dipindahkan karena gedung yang mengkhawatirkan. Gedung lama UTD PMI di Jalan Piere Tendean, Kelurahan Badean memang sempat jadi catatan DPRD.

Dimana gedungnya retak dan dinilai membahayakan petugas sekaligus pendonor. Selain itu bangunannya juga sempit.

Di gedung yang baru ini bangunannya lebih luas dan lebih dekat dengan RSUD dr Koesnadi, hanya terpisah dinding saja.

Ketua PMI Bondowoso sekaligus Pj Sekda Bondowoso, Soekaryo mengatakan, gedung UTD PMI sengaja direlokasi karena di lokasi yang lama gedungnya sudah banyak yang retak.

“Tanahnya rendes (bergerak ke bawah), sehingga dikhawatirkan ambruk seketika dan memakan korban,” katanya, Selasa (1/2/2022).

Menurutnya, masyarakat yang hendak mendonorkan darah merasa tidak aman dengan kondisi gedung yang lama. Bukan hanya pendonor, tapi petugas UTD PMI pun merasa kurang aman.

“Intinya demi kenyamanan dan pelayanan. Awalnya koordinasi dengan direktur rumah sakit, agar mendekatkan UTD PMI ini dengan rumah sakit. Maka direlokasikanlah kesini,” paparnya.

Menurutnya, masyarakat yang membutuhkan darah dari rumah sakit, tidak terlalu jauh jaraknya dengan UTD PMI.

“Pelayanan untuk saat ini menjadi lebih mudah dan dekat. Khawatir ada yang mengambil darah ke UTD, tapi bukan keluarganya, lalu dijual. Dikhawatirkan begitu,” jelas dia.

Adapun ruang tampung darah di gedung baru tersebut lebih luas, dan disaat hujan pun tidak mengalami kebocoran pada atapnya.

“Semua peralatan sudah ada disini, dan bahkan untuk pengolahan darah yang cepat dan butuh trombosit, kita sudah bicara dengan direktur rumah sakit untuk pembelian alat itu,” paparnya.

Baca Juga :  PMI Bersama Pemkab Banyuwangi, Bedah Rumah Warga dengan Metode Anti Gempa, Perlindungan bagi Keluarga

Selain itu kata dia, untuk saat ini pihaknya telah melakukan open management. Semua dana yang masuk beserta pengelolaannya nanti bisa diketahui oleh masyarakat.

“Dari keterbukaan itu harapannya kita juga mendapatkan dukungan dari semua pihak, karena kami tidak numpang hidup di PMI tapi menghidupkan PMI,” paparnya.

Informasi dihimpun, syukuran untuk pindahan gedung UTD PMI Bondowoso baru, berlangsung Senin (31/1/2022) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.