Kamu Susah Tidur? Yuk, Intip 5 Kebiasaan Ini Agar Tidurmu Nyenyak

oleh -269 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Tidak semua orang bisa merasakan tidur nyenyak setiap malamnya. Bahkan, terdapat sebagian orang yang cenderung sulit untuk cepat tertidur pulas.

Kesulitan tidur biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup atau ketidakseimbangan hormon pada tubuh kamu. Pahadal, memiliki kualitas tidur yang baik itu sangat penting, lho! Tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat yang perlu kamu terapkan.

Well, jika kamu merasakan kesulitan tidur dalam waktu yang cukup sering, ini bisa jadi karena pola hidup kamu yang perlu diperbaiki. Worry no more, karena di sini ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu lakukan sebelum tidur agar lebih nyenyak. Let’s find out!

1. Mandi air hangat

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa mandi air hangat bagus dilakukan agar otot seluruh tubuh menjadi lebih rileks. Menurut penelitian, ternyata mandi air hangat memiliki efek powering downsehingga dapat membuat kamu merasa lebih nyaman dan tenang. Dengan begitu, kamu dapat tertidur lebih pulas dan kualitas tidur menjadi lebih baik.

2. Matikan seluruh gadget

Penggunaan gadget sebelum tidur ternyata dapat memberi pengaruh yang kurang baik untuk kualitas tidur. Sinar yang terdapat pada gadget dapat menekan otak untuk mengurangi produksi melatonin, yaitu hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat kamu mudah tidur. Sarannya, sebaiknya kamu matikan gadget setidaknya satu jam sebelum waktu kamu tidur agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Minum air putih

Jangan bosan minum air putih yang cukup. Kenapa? Karena air putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi pada saat kita tidur. Kamu bisa coba untuk rutin minum minimal satu gelas air sebelum tidur.

4. Mendengarkan musik

Apakah kamu tahu bahwa ternyata mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu kamu untuk merasakan tidur yang lebih nyenyak? Yup, menurut penelitian ternyata hal tersebut benar adanya. Tak hanya mendengarkan musik, namun sekadar suara instrumen juga dapat membantu kamu untuk lebih cepat mengantuk. Patut dicoba!

5. Melakukan meditasi

Meditasi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kamu seperti mencegah stres, kecemasan, serta depresi. Selain itu, meditasi juga dapat menenangkan tubuh serta pikiran yang membuat kamu terhindar dari kesulitan tidur atau insomnia. Sarannya, kamu bisa coba untuk melakukan meditasi sekitar 10-15 menit sebelum tidur untuk mendapatkan ketenangan sehingga tidur kamu akan menjadi lebih nyenyak. (bbs/fiq)

No More Posts Available.

No more pages to load.