Kampung Wisata Ekoriparian Geblak Jambangan Berhasil Raih Proper Emas dari KLHK

oleh -184 views

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus tetap konsisten menerapkan implementasi Environmental, Social & Governance (ESG) ke dalam strategi bisnis perusahaan. Salah satunya telah dibuktikan oleh Integrated Terminal (IT) Surabaya melalui perolehan penghargaan dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Emas 2021 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada, Senin (27/12) lalu di Jakarta.

Pelaksanaan program CSR oleh IT Surabaya ini merupakan wujud dari kepedulian perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan yang sejalan dengan komitmen Pertamina dalam menjalankan upaya-upaya Go Green dalam kegiatan operasionalnya.

Kegiatan CSR yang melahirkan inovasi sosial Kampung Wisata Ekoriparian (KWE) Geblak Jambangan yang telah berhasil meraih Proper Emas dari KLHK ini terdiri dari beberapa program diantaranya program Geblak (Gerakan Balik Kanan) Jambangan yang telah berhasil mereposisi 250 rumah dengan Replikasi di 3 kelurahan serta pembenahan bantaran sungai sepanjang 680 m, Program Tanggap Keselamatan Area Sungai dengan terbentuknya 1 kelompok yang merupakan perwakilan dari 4 kelurahan, Program Batik Ecoprint yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok rentan lansia di wilayah bantaran sungai, Kelompok UMKM PEJABAT (Pusat Ekonomi Jambangan Hebat) yang merupakan lini usaha budidaya burung, makanan dan minum dengan omset Rp 32.500.000 yang mencakup empat kelurahan yang ada di Kecamatan Jambangan, dan Program Pengolahan Eceng Gondok yang telah berkontribusi mengurangi limbah eceng gondok sebanyak 9.200kg/tahun. Program Geblak ini telah diinisiasi sejak tahun 2019 dan masih berjalan hingga saat ini.

Program ini lahir dari keprihatinan atas kurangnya kesadaran masyarakat di lingkungan bantaran sungai wilayah Jambangan, serta banyaknya limbah eceng gondok di sungai, ditambah juga banyaknya jumlah pengangguran akibat pandemi di wilayah tersebut.

Program ini disambut baik oleh masyarakat yang tinggal di bantaran sungai tersebut karena Pertamina tidak hanya memberdayakan mereka, tapi juga menjadikan lingkungan di sekitar bantaran menjadi lebih hijau, rapi, dan enak dipandang.

“Melalui Program UMKM PEJABAT, kami mendukung Program Geblak (Gerakan Balik Kanan) yang merupakan inisiasi bersama antara Pertamina dan pemerintah Kecamatan Jambangan. Kami berusaha menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk menata kawasan bantaran sungai dan bersama-sama merapikan sehingga lebih asri, indah dan layak untuk dihuni,” ujar Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus Deden Mochammad Idhani.

“Program ini juga sangat bermanfaat, selain membuat masyarakat nyaman tinggal di bantaran sungai, perekonomian masyarakat juga sedikit demi sedikit meningkat karena munculnya ide-ide baru yang dikembangkan oleh warga bersama dengan Pertamina,” tukas Deden.

Sementara itu Deny Djukardi Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus menyampaikan bahwa Pertamina menyambut positif kegiatan Proper yang diselenggarakan KLHK. Dengan adanya Proper tersebut, maka penilaian kinerja pengelolaan lingkungan oleh Pertamina lebih terukur, objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. “Proper ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk mengimplementasikan ESG secara terintegrasi dari hulu ke hilir untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan,” jelas Deny.

“Untuk roadmap KWE Geblak Jembangan tahun 2022 ini, kami akan fokus pada pengembangan daya tarik wisata, meningkatkan SDM nya dan juga akan melaksanakan uji klinis produk unggulan eceng gondok di wilayah Jambangan dengan target exit program di tahun 2023 telah terbentuk Wisata Ekoriparian yang terintegrasi dan wilayah Jambangan bisa menjadi pusat pengolahan Eceng gondok terpadu, ” tutup Deny. (kj4)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.