Kalahkan Boston Celtics 122-84, Dallas Mavericks Pertahankan Gelar Juara NBA

oleh -258 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Dallas Mavericks mempertahankan harapan mereka untuk meraih gelar juara NBA saat usai mereka mengalahkan Boston Celtics 122-84 pada gim 4 final NBA 2024, Sabtu (15/6) WIB di American Airlines Center. Itu adalah kemenangan pertama setelah kalah di tiga gim sebelumnya.

Luka Doncic menuai kritik keras karena kelemahan pertahanannya di tiga gim sebelumnya. Namun, pemain Slovenia itu bangkit untuk mempekuat permainannya.

Hal itu terlihat saat unggul 34-21 pada kuarter pertama. Keunggulan mereka bisa dipertahankan pada kuarter kedua, 61-35 dan semakin mendominasi di kuarter ketiga dengan maraih 82 poin. Mavericks menutup kuarter keempat dengan menciptakan 30 poin sehingga menang 122-84 atas Celtics.

“Kami harus memainkan permainan terbaik kami, atau kita pergi berlibur. Saya pikir tim telah melakukan tugasnya dengan baik dengan tidak menekan dan membiarkan pertandingan seperti sebelumnya. Kami telah melakukan ini dalam tiga pertandingan pertama, hanya saja kami belum mampu memanfaatkannya,” kata pelatih Mavericks Jason Kidd.

Margin sebesar 38 poin adalah yang terbesar ketiga dalam sejarah pertandingan final NBA. Selisih laga itu di belakang Chicago yang mengalahkan Utah 96-54 pada 1998 dan Celtics mengalahkan Los Angeles Lakers 131-92 pada 2008.

Doncic bangkit dengan mencetak poin terbanyak untuk Mavericks dengan 29 poin, lima assist, dan lima rebound, disusul Kyrie Irving dengan 21 poin.

“Kami harus bermain dengan cara yang sama (di Boston). Penggemar mereka akan bersuara keras, jadi kami harus tetap fokus dan melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan hari ini,” kata Doncic setelah pertandingan.

Dari kubu Celtics, Yason Tatum menjadi pencetak poin terbanyak dengan 15 poin, Sam Hauser (14), dan Payton Pritchard (11).

Baca Juga :  Pemkot Surabaya Siapkan Stadion GBT sebagai Sport Tourism

Bagi Celtics, itu adalah kekalahan pertama dalam lima minggu terakhir. Kekalahan itu juga memupus peluang mereka untuk mengulang kesuksesan tim 65 tahun silam. Celtics menjadi tim pertama yang bisa juara dengan rekor 4-0 di Final NBA dengan sistem best-of-seven.

Dengan ini pertandingan final gim kelima akan dilakoni pada Senin (17/6) atau Selasa (18/6) pagi WIB di Boston. Celtics tentunya akan berusaha untuk memenangkan rekor kejuaraan NBA ke-18. (bbs/fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News