Jatim Peringkat II Pembangunan Ketenagakerjaan Nasional

oleh
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Jatim, Himawan Estu Bagijo dalama sebuah acara.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Jatim menempati peringkat dua sebagai provinsi dengan pembangunan Ketenagakerjaan kategori besar. Terbaik Pertama, diperoleh Provinsi Jawa Tengah dengan indeks 65,71, sementara Provinsi Jawa Timur dengan indeks 64,74.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Jatim, Himawan Estu Bagijo, di ruang kerjanya, Rabu (11/3) mengatakan pembangunan ketenagakerjaan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional. Tujuannya, yaitu pendayagunaan angkatan kerja, pemerataan kesempatan kerja, perlindungan tenaga kerja, dan peningkatan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

“Pencapaian tujuan tersebut harus selalu dimonitor dan dievaluasi secara berkesinambungan,” katanya.

BACA JUGA: UPT BLK Disnaker Siapkan Delapan Kejuruan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Menurut Himawan Kementerian Ketenagakerjaan menggunakan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) untuk mengukur keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan nasional melalui pengukuran di setiap provinsi di Indonesia. Kegiatan ini telah dilakukan sejak 2011 dan setiap tahunnya diberikan penghargaan bagi provinsi yang memiliki nilai indeks terbaik.

Penganugerahan Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2019 didasarkan pada pemetaan intensitas dan beban kerja urusan pemerintahan daerah bidang ketenagakerjaan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (kominfo/kj6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *