Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Nataru, Pemkab Lumajang Gelar OPM  

oleh
Pemkab Lumajang Gelar OPM.  

KILASJATIM.COM, Lumajang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Perdagangan Lumajang melakukan Operasi Pasar Mandiri (OPM) di beberapa kecamatan di Lumajang. Pelaksanaan OPM ini dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Hari Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang, Aziz Fachrurrozi menjelaskan bahwa kegiatan OPM juga sebagai langkah antisipasi naiknya harga sembako di pasar menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2020. Aziz menyebutkan, OPM dilaksanakan di 5 titik lokasi yakni Kunir, Tempeh, Senduro, Pasirian, dan Lumajang.

“Selain itu, Dinas Perdagangan juga mengantisipasinya dengan membuka stand di depan kantor Dinas Perdagangan,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Jumat (20/12/2019).

BACA JUGA: Inovasi INCAR Diharapkan Mampu Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Lumajang

OPM Dinas Perdagangan menjual sembako seperti gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, kecap, mie instant, dan beras. Kegiatan OPM ini berlangsung mulai tanggal 17–31 Desember 2019.

Lanjutnya, bahan sembako yang dijual dengan harga distributor yang telah bekerja sama dengan Dinas Perdagangan. “Jika dari pemantauan kami harga pasar naik, maka kita akan menjual sembako dengan harga distributor,” jelas Aziz.

Tak hanya itu, kegiatan OPM juga bertujuan untuk memastikan ketersediaan pasokan di pasar-pasar rakyat, memastikan kelancaran distribusi dan penetrasi pasar berupa operasi pasar atau pasar murah sesuai dengan kebutuhan dan kewenangan masing-masing serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (kominfo/kj15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *