ISEI Surabaya Bagikan Sembako dan Ribuan Masker Untuk Warga Terdampak Covid-19

oleh


KILASJATIM.COM, Surabaya – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, khususnya Indonesia belum juga menunjukkan penurunan kasus. Bahkan, di wilayah Jawa Timur telah menetapkan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II yang dimulai dari 26 Mei–8 Juni 2020. Kondisi ini tentunya berdampak pada kondisi ekonomi warga masyarakat.

Menyikapi situasi dan keprihatinan tersebut, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) cabang Surabaya tergerak melakukan aksi sosial dengan cara memberikan bantuan kepada warga di lingkungan Kota Surabaya.

Dikonfirmasi usai kegiatan, Sekretaris Umum ISEI Cabang Surabaya, Dr. Drs. Ec. Soni Harsono, M.Si., mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian organisasi kepada warga yang terdampak wabah Covid-19. Kepedulian itu diwujudkan dengan pembagian sembako dan masker.

”Kegiatan pembagian sembako ini diberikan kepada para tukang becak, pemulung dan para petugas kebersihan jalan raya di beberapa tempat di Surabaya,” jelas Soni.

Selain itu, sebanyak 5.250 buah masker telah pihaknya bagikan kepada pahlawan ekonomi. Adapun pahlawan ekonomi yang dimaksud, meliputi para pedagang di Pasar Mangga Dua, Pasar Karah, Pasar Pacarkeling, Pasar Wiguna, Pasar Medokan Sawah/Kosagra, Wonorejo, Soponyono, Wedoro Klurak, dan Bligo Candi Sidoarjo.

”Masker ini kami beli dari pengrajin di Tanggulangin yang sangat terdampak akibat Covid 19. Lalu, sumber dananya untuk membeli masker serta sembako ini adalah donasi dari pengurus serta Anggota ISEI Cabang Surabaya,” imbuhnya.

Pihaknya pun mengungkap rasa terima kasih kepada semua yang terlibat dan berpartisipasi dalam aksi sosial, termasuk pengurus maupun anggota ISEI.

“Semoga aksi sosial ini bermanfaat bagi yang warga yang membutuhkan di tengah wabah covid 19 ini,” harap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua IV Bidang Kerjasama, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat STIE Perbanas Surabaya.

Dari sisi kajian ilmiah, ISEI Cabang Surabaya juga berkontribusi dalam sumbang saran dengan melakukan kegiatan Webinar bertopik “Dampak dan Recovery Perekonomian Jawa Timur Masa Covid 19” pada 8 Mei 2020, lalu. Pembicara yang dihadirkan adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dan Pengurus ISEI Surabaya Dr. Rudi Purwono, S.E., M.SE. Lebih dari 200 peserta terlibat, mulai dari anggota ISEI, akademisi, hingga masyarakat umum.

Ketua Umum ISEI Cabang Surabaya, Dr. Eko Purwanto S.E, M.Si., menyampaikan bahwa bentuk respon ISEI terhadap pandemi Covid 19, ISEI Cabang Surabaya melakukan beberapa kegiatan, antara lain: merencanakan membuat rekomendasi kepada pemerintah daerah  tentang kebijakan dan strategi recovery perekonomian Jawa Timur saat dan pasca Covid 19.

”Sebagai bahan pembuatan rekomendasi tersebut, salah satu kegiatan ISEI adalah membuat webinar dan Focus Group Discussion dengan para pelaku usaha di berbagai sektor,” pungkasnya. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *