Interior Design Exhibition 2024, Ruang Ekspresi Ide dan Kreativitas Mahasiswa PCU

oleh -192 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – PCU (Petra Christian University) menghadirkan Interior Design Exhibition (IDE+) 2024 di Look Gallery gedung Q lantai 8, kampus PCU Surabaya guna memberikan ruang berekspresi, menuangkan ide dan kreativitas para mahasiswa ditengah keterbatasan waktu perkuliahan.

“Pameran ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan bakat terbaik mereka,” terang Sekprodi Interior Design PCU sekaligus PIC pameran, Poppy Firtatwentyna Nilasari, S.T., M.T., Rabu (19/6/2024).

Pameran IDE+ 2024 kali ini menawarkan pengalaman imersif yang tak terlupakan. “Para pengunjung disuguhi dengan berbagai desain dan konsep interior, mulai dari furniture, dekorasi, hingga tata ruang yang inovatif. Bentuknya pun bermacam, ada infografis, model 3D, dan instalasi nyata yang memukau,” tambah Poppy. Setiap karya mencerminkan kreativitas dan semangat para desainer muda PCU dalam menerjemahkan ide-ide mereka menjadi kenyataan.

Saat opening ceremony, dimeriahkan dengan Sketch & Mural Workshop oleh Rachmad Priyandoko, S.Sn., seorang mural artist yang juga alumni Interior Design PCU tahun 2002. “Menarik dan seru bisa membantu para peserta tentang cara mencampur warna untuk mural. Karena siapapun bisa melukis mural, tidak harus punya skill menggambar. PCU selama ini sudah melakukannya. Harapannya bisa terus dilakukan agar insan-insan muda kreatif PCU selalu memberi manfaat yang baik bagi masyarakat,” ujar pria yang akrab dipanggil C4KM4D itu.

Para peserta yang terdiri dari siswa SMP dan SMA, serta mahasiswa itu diajak melukis mural bersama dengan tema Surabaya Heritage. Objek yang digambar pun berupa icon menarik dari Kota Surabaya, mulai dari Suro dan Boyo, jembatan Suramadu, Kota Lama, hingga Kya-Kya.

“Adanya mural ini semakin menambah keanekaragaman karya yang tersaji dalam IDE+, karena ada ratusan karya yang dipamerkan. Itu merupakan mahakarya dari para mahasiswa Interior Design PCU semester 2, 4, dan 6,” papar Poppy. Selain di Look Gallery, ada juga pameran di Selasar Gedung Q berupa instalasi personal space bertajuk: Healing Time at Home.

Baca Juga :  Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021: Dukung Perempuan Muda Indonesia Gapai Cita Cita Ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi

Salah satu karya menarik datang dari Theodora Annabel, mahasiswi Interior Design PCU angkatan 2023 bersama tim nya itu memanfaatkan kardus untuk membuat instalasi berjudul: Under the Blossoms.

“Kami pilih kardus agar lebih sustainable, karena bahannya juga cukup kuat dan kokoh, strukturnya pun bagus. Kesulitannya adalah bahan kardus ini gampang tertekuk saat pemotongan pola, apalagi kami potongnya secara manual menggunakan cutter,” katabTheodora. Membutuhkan waktu seminggu untuk proses produksi, karya Theodora dan tim ini dapat digunakan di ruang indoor dan semi outdoor dengan konsep Jepang dihiasi bunga sakura.

Sementara itu di ruang Q.303, tersaji pameran poster 2D bertajuk: Inspiration Board. Sebuah karya interior berupa Fidgeting Rocking Chair, merupakan karya inovatif mahasiswa berupa kursi untuk kebutuhan fidget, dan ditujukan untuk mereka yang memiliki kebiasaan menggoyangkan kaki serta tidak bisa tegak ketika duduk.

Ada juga karya desain interior 2D+3D, maket, dan styling berjudul: Awaken Church to Triumph Souls (Bangkitkan Gereja untuk Memenangkan Jiwa) GPPS Sawahan Jl. Arjuno. Masyarakat umum dapat menikmati pameran menarik dari para mahasiswa Interior Design PCU ini mulai dari 19 hingga 21 Juni 2024.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News