Idul Adha Sebentar Lagi, DKPP dan JULEHA Beri Pelatihan Penyembelihan para Takmir Masjid Kota Kediri

oleh -323 Dilihat

Foto: Ist/Pemkot Kediri

KILASJATIM.COM, Kediri – Dalam waktu dekat, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha 1445 H. Perayaan ini ditandai dengan penyembelihan sejumlah hewan kurban diantaranya kambing, sapi hingga kerbau. Menyadari hal ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) bersama dengan Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Kediri mengundang para takmir masjid se kota Kediri untuk mendapatkan pelatihan juru sembelih halal, Minggu, (26/5).

Digelar di gedung BKPSDM Kota Kediri, kegiatan ini berfokus kepada tata cara penyembelihan hewan yang baik dan benar serta sesuai syariat Islam, mulai dari pra penyembelihan hingga pasca penyembelihan. Mendaulat narasumber ahli di bidangnya untuk menambah wawasan para takmir masjid di Kota Kediri.

“Kami sengaja melaksanakan agenda rutin ini guna memastikan kesiapan masyarakat utamanya para takmir masjid ini menjelang perayaan Idul Adha 1445 H. Hal ini dirasa penting mengingat menyembelih hewan tidak bisa sembarangan terlebih hewan kurban yang tujuannya untuk kegiatan keagamaan serta menghasilkan daging kurban yang ASUH (Aman, Sehat,Utuh dan Halal),” terang Muhammad Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri.

Pihaknya juga mengatakan dalam pelatihan ini, para takmir masjid yang diundang mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat dan harapannya bisa disebar luaskan kepada orang-orang disekitarnya.

“Ada 4 materi utama yang disampaikan oleh para narasumber ditambah praktek langsung. Dengan demikian diharapkan para peserta dapat memahami dengan seksama dan dapat menyerap ilmunya dengan sebaik mungkin,” tandasnya.

Keempat materi tersebut meliputi fiqih dan manajemen kurban, kesejahteraan hewan kurban, pengenalan bilah dan peralatan penyembelihan, teori handling dan penyembelihan hewan kurban dan diakhiri dengan praktek handling.

Baca Juga :  Pemkot Surabaya Siapkan Kendaraan Shuttle untuk Penonton Piala Dunia U-17

Sementara itu, materi tersebut disampaikan oleh narasumber drh. Pujiono dari DKPP Kota Kediri dan tim dari Juru Sembelih Halal Provinsi Jawa Timur dan Kota Kediri yaitu Hanif Azhar, Sulthon dan Sunaryo.

Di akhir wawancara Ridwan berpesan supaya para takmir maupun masyarakat penyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam dan juga memperhatikan kebersihan tempat penyembelihan guna menjaga kesehatan dan kehigienisan daging kurban yang didistribusikan.

Sebagai informasi, selain kegiatan pelatihan ini kedepannya Pemerintah Kota Kediri melalui DKPP akan melakukan pendampingan dan pemantuan penyembelihan hewan kurban. Seperti pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk mengantisipasi terjadinya penularan penyakit zoonosis yang membahayakan. (sat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.