HUT ke-78, BNI Tanam 78.000 Bibit Mangrove di Teluk Pangpang Banyuwangi 

oleh -262 Dilihat

Aksi tanam pohon yang dihadiri  segenap Pemimpin Divisi, dan Pemimpin Wilayah BNI. Selain itu acara ini dihadiri juga perwakilan Direktur Perusahaan Anak BNI di Dusun Tegalpare, Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, bersama Pokmaswas Baret Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2024). (kilasjatum.com/dok)

KILASJATUM.COM, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 dengan aksi  kegiatan menanam 78.000 bibit mangrove sebagai bentuk dukungan terhadap pencanangan Green Economy dan sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) BNI yakni BNI Go Green.

Direktur Network and Services BNI Ronny Venir dalam sambutannya mengatakan,  momen tersebut menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT ke-78 BNI dengan tujuan mendukung upaya penanganan perubahan iklim melalui target Net Zero Emission (NZE) Indonesia Tahun 2060. BNI Group juga telah memiliki peta jalan dekarbonisasi melalui penetapan target NZE operasional tahun 2028 dan NZE Pembiayaan tahun 2060.

Ronny menjelaskan, menanam pohon menjadi salah satu aksi yang bisa diambil untuk mengatasi perubahan iklim dan juga dapat menahan emisi karbon (CO2), menurunkan suhu bumi, mengurangi erosi tanah, hingga perlindungan terhadap ekosistem serta penyerapan polutan udara.

“Khusus untuk mangrove, juga berfungsi untuk pencegah abrasi,” ujarnya di sela aksi tanam pohon yang dihadiri  segenap Pemimpin Divisi, dan Pemimpin Wilayah BNI. Selain itu acara ini dihadiri juga perwakilan Direktur Perusahaan Anak BNI di Dusun Tegalpare, Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, bersama Pokmaswas Baret Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2024).

Ditambahkan Ronny, tujuan program penanaman mangrove selain sebagai salah satu dukungan pada program pemerintah untuk NZE, juga untuk mengembalikan biodiversity dari Teluk Pangpang sehingga nelayan sekitar tidak perlu lagi mencari ikan sampai tengah laut, hal ini berdampak pada waktu dan ekonomi dari nelayan di sekitar Teluk Pangpang.

Baca Juga :  Simak, Ini Aturan Mudik Lebaran Ganjil Genap

“Melalui gerakan Regenerasi (pembibitan, penanaman serta perawatan) hutan mangrove di Teluk Pangpang, BNI Group turut berpartisipasi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta meredam perubahan iklim,” paparnya seraya menambahkan  regenerasi hutan mangrove ini tidak hanya memperbaiki ekosistem laut namun juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Dari regenerasi hutan mangrove tersebut diharapkan bisa menciptakan ekosistem yang beragam di wilayah sekitar sehingga bisa menciptakan perekonomian untuk masyarakat setempat,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, BNI secara simbolis meletakkan batu pertama untuk bantuan pembangunan musala dan toilet di Desa Muncar, Teluk Pangpang, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat memudahkan nelayan dan masyarakat untuk beribadah dan menjaga kebersihan selama di area Teluk Pangpang,” pungkas Ronny sembari menekankan

BNI Group berkomitmen menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnis, untuk keberlangsungan Bumi. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.