HPN 2020, Presiden Jokowi Resmikan Taman Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia

oleh -1.572 views
Presiden Jokowi meresmikan Taman Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia.

KILASJATIM.COM, Banjarbaru – Presiden Joko Widodo hadir dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 yang digelar di Kawasan Perkantoran Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, Sabtu 8 Februari 2020.

Sebelum menghadiri puncak acara HPN tersebut, Kepala Negara terlebih dahulu meresmikan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia dan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia yang termasuk rangkaian kegiatan HPN 2020 di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, dengan lokasi yang tak berjauhan dari lokasi puncak peringatan HPN.

Dalam peresmian itu, Kepala Negara turut menanam pohon mersawa (Anisoptera marginata Korth.) di mana jenis tersebut disebut sudah sulit ditemukan di hutan alam sehingga perlu dilestarikan.

Mengutip siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tanggal 8 Februari 2020, Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia menempati lahan seluas kurang lebih 5 hektare yang ditanami 85 tanaman spesies endemik dari seluruh Indonesia, di antaranya ulin, tengkawang, jeumpa, matoa, kepel, mortolu, dan sebagainya.

BACA JUGA: HPN 2020, PWI Jatim Berikan Penghargaan dan Tali Asih Kepada Wartawan Senior  

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Dalam penyelenggaraan kali ini, HPN mengangkat tema “Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibu Kota Negara” yang juga dihadiri oleh sejumlah duta besar negara sahabat.

Saat meresmikan Hutan Pers tersebut, Presiden melakukan penanaman pohon bersama sejumlah menteri terkait, Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua Dewan Pers, perwakilan acara HPN 2020, serta sejumlah pihak lainnya sebagai simbol dari pembangunan dan penataan yang dilakukan terhadap ibu kota baru akan sejalan dengan penataan dan pemeliharaan lingkungan. (kominfo/kj7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.