Horeee! Es Krim Mixue Sudah Punya Sertifikat Halal

oleh -1070 Dilihat

KILASJATIM.COM, Jakarta-Pro kontra label halal pada produk es krim Mixue Indonesia akhirnya terjawab.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Aqil Irham, mengatakan bahwa serfikat halal untuk Mixue Indonesia sudah diterbitkan pada 16 Februari 2023.

Aqil memastikan pihaknya telah menerbitkan sertifikat halal (SH) pada produk es krim tersebut.

“Sampai hari ini, tercatat ada 2.171 sertifikat halal yang diterbitkan. Ini memuat 38.480 produk, termasuk Mixue yang sertifikat halalnya terbit tanggal 16 Februari 2023,” ujar Aqil dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Aqil lantas mempersilakan pelaku usaha yang sudah memiliki produk bersertifikat halal untuk memasang label Halal Indonesia di produknya.

Guna pemasangan label Halal Indonesia, ia mengimbau agar pelaku usaha mengacu pada Keputusan Kepala Badan (Kapkaban) BPJPH No 40 tahun 2022.

Dalam ketentuan tersebut disebutkan, nomor yang dicantumkan dalam label merupakan nomor Sertifikat Halal yang dikeluarkan BPJPH.

“Ini jangan sampai salah. Karena masih ditemukan pada beberapa pelaku usaha, yang mereka cantumkan di label adalah nomor KH atau Ketetapan Halal,” ungkap Aqil.

“Ini sekalian kami kembali mengingatkan, bila pelaku usaha baru memiliki nomor ketetapan halal, artinya proses sertifikasi halalnya belum selesai. Pelaku usaha harus memiliki nomor sertifikasi halal, baru dapat dinyatakan proses sertifikasi produknya tuntas,” tegasnya.

Pada 16 Februari lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah resmi menerbitkan ketetapan halal produk es krim Mixue.

Sesuai amanat UU 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, BPJPH Kementerian Agama memiliki kewenangan untuk memberikan sertifikasi halal bagi produk.

Sementara, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berwenang dalam pelaksanaan fatwa halal. (bbs/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  SHU Primkopal Lantamal V 2017 Lampaui Target

No More Posts Available.

No more pages to load.