Dukung Smart Environment, Telkom Bantu 10 Ribu Bibit Tanaman Produktif Disebar di Desa Kabupaten Malang

oleh -470 Dilihat

Bibit pohon produktif  langsung ditanam bertempat di lapangan desa Kedungpedaringan, dilakukan secara bersama – sama oleh Bupati Malang, GM Telkom Witel Malang Bp. Sonny Hidayat, Manajer Pemberdayaan Lingkungan CDC Telkom Indonesia Bp. Ainur Rofik, Manajer CDC Telkom Regional V Bp. Ari Basuki dan kelompok tani desa Talang Agung kec Kepanjen,desa mBambang kec Wajak,desa Harjokuncaran kec Sumbermanjing wetan sebagai penerima bibit. (ist/dok)

KILASJATIM.COM, Malang –  PT. Telkom Indonesia, melalui unit Community Development Center (CDC) bekerja sama dengan Yayasan Bakti Unggul Negeri, melaksanakan kegiatan pemberian bantuan berupa bibit pohon produksi.  Yakni bibit pohon alpukat, durian musangkin dan jambu kristal dengan total 10.000 bibit direncanakan ditanam di area seluas lebih kurang 25 hektare yang tersebar di 3 Kecamatan Kepanjen, Wajak dan Sumbermanjing.

Bibit pohon produktif tersebut diberikan kepada Kelompok Tani di 3 kecamatan sebagai penerima manfaat, yang telah melalui seleksi dan penilaian. Dengan perincian Kecamatan Kepanjen 2.800 pohon di Desa Kedungpedaringan, Panggungrejo, Talangagung. Sementara di Kecamatan Wajak 2.500 pohon di Desa Bambang dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan sebanyak 3.200 pohon di Desa Harjokuncaran.

GM Telkom Witel Malang, Sonny Hidayat berharap kegiatan pemberian pohon ini dapat lebih sering dilakukan dan diikuti pihak lain sehingga memberikan manfaat nyata bagi lingkungan, sosial dan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang, terutama wilayah  Kedungpedaringan. Karena selain menjaga kelestarian alam dan varietas unggul, juga akan membantu Pemkab Malang dalam percepatan pemerataan perekonomian masyarakat.

“Saat ini Telkom telah siap berpartisipasi untuk percepatan hal tersebut dengan mendukung digitalisasi baik bagi petani, UMKM maupun masyarakat melalui solusi digital, yakni  MySooltan untuk UMKM,” jelasnya.

Baca Juga :  Berdayakan Mantan Pekerja Migran di Blitar, PLN Peduli Berikan Bantuan Mesin Jahit 

Kegiatan bantuan 10 ribu bibit pohon produktif mengambil tema “Menanam Pohon, Menabur Harapan”.  Pemberian bibit ini merupakan langkah nyata PT. Telkom Indonesia yang selalu konsisten mendukung salah satu program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) No. 15, yakni Menjaga Ekosistem Darat.

Bertempat di lapangan desa Kedungpedaringan, penanaman bibit pohon secara simbolis dilakukan secara bersama – sama oleh Bupati Malang, GM Telkom Witel Malang Bp. Sonny Hidayat, Manajer Pemberdayaan Lingkungan CDC Telkom Indonesia Bp. Ainur Rofik, Manajer CDC Telkom Regional V Bp. Ari Basuki dan kelompok tani desa Talang Agung kec Kepanjen,desa mBambang kec Wajak,desa Harjokuncaran kec Sumbermanjing wetan sebagai penerima bibit.


Selain pohon – pohon yang diberikan bermanfaat dapat mencegah erosi dan tanah longsor, pohon tersebut diharapkan membuat para petani lebih produktif dan meningkatkan kapasitas ekonomi. Lebih daripada itu, buah – buah yang dihasilkan nantinya dapat mendukung kegiatan produksi berbagai UMKM  panganan  maupun mendukung aktivitas agrowisata yang ada di Kebupaten Malang.

“Telkom CDC bersama Kelompok Tani membangun smart environment, mangrove dan pohon. Telkom membantu pemerintah ikut memelihara ekosistim hijau, jambu kristal, durian musang king  dan sekarang ikut budi dayakan tanaman 10 ribu pohon.” kata Sonny.

Bupati Malang Sanusi menyampaikan rasa terima kasih pada PT. Telkom atas bantuan pemberian bibit pohon. Ia juga berpesan agar bibit – bibit pohon yang diberikan dirawat sebaik mungkin. Sedangkan Suhartono S sos sebagai kepala desa dan koordinator kelompok tanisebagai Ketua Kelompok Tani setempat, sejalan dengan pakta integritas yang telah ditanda tangani berkomitmen dan menyatakan siap untuk menanam, menjaga serta merawat bibit pohon yang telah diberikan.

Baca Juga :  SIG Bantu Salurkan Paket Sembako dan Bahan  Pokok untuk Korban  Banjir Bandang Grobogan dan Demak

“Saya berharap bantuan Telkom tidak berhenti disini dalam memberikan bantuan sepuluh ribu pohon produktif. Namun demikian Telkom telah proaktif membangun destinasi wisata baru di desa ini, bisa membina dan koordinasi dengan yang lainnya.” pungkas  Sanusi. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.