Dua Bus PMI Jember Dikerahkan untuk Jaga Pasokan Bank Darah

oleh
Dua bus PMI Jember yang dikerahkan untuk jaga pasokan bank darah. (ist)

KILASJATIM.COM, Jember – Merebaknya virus corona mengancam pasokan dan persediaan kantung darah di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Palang Merah Indonesia menerjunkan dua unit bus donor darah untuk menghindari kekosongan stok darah.

Satu bus donor berisi petugas PMI berkeliling untuk menjemput bola pendonor di sejumlah lokasi sesuai jadwal. Sementara satu unit lainnya ditempatkan di halaman masjid Jami’ Al Baitul Amien setiap hari selama satu bulan ke depan terhitung sejak 21 maret 2020. “Kebijakan ini diambil sebagai upaya menjaga stabilitas stok darah,” kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki, sebagaimana dilansir beritajatim.com, Jumat (27/3/2020).

BACA JUGA: Bupati Apresiasi Kinerja UTD PMI Kabupaten Lumajang Yang Mendapatkan CPOB

Bus di halaman masjid besar Baitul Amin membuka layanan hingga 20 April mendatang, setiap hari sabtu dibuka pukul 18.00-21.00 WIB, Minggu dibuka pada 06.00-10.00 WIB. Sementara untuk Senin-Jumat layanan dibuka pukul 09.00-12.00 WIB.

“PMI menerapkan metode pengaturan ruangan dan mengoptimalkan R2 Emergency bloodjet untuk mengambil sampel darah pasien dan mengantarkan darah ke rumah sakit di seluruh kabupaten Jember. Ini untuk memenuhi protokol pencegahan penularan Covid-19,” kata Zainal.

Petugas PMI akan melakukan pemeriksaan awal seperti pengecekan Suhu tubuh, tekanan darah dan HB sebelum mendonorkan darahnya untuk memastikan kondisi pendonor sehat. (bjt/kj9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *