Demplot Ubi Celembu PG Naikkan hasil 35,29%, Wabup Sumedang Harap Kerjasama terus Berlanjut

oleh -573 Dilihat
Istimewa

KILASJATIM.COM, Gresik: Petrokimia Gresik (PG) berhasil meningkatkan produktivitas ubi cilembu hingga 35,29 persen. Hasil positif ini dibuktikan dalam program “Panen Raya Demplot Komoditas Ubi” di Desa Cilembu, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang baru – baru ini.

Direktur Utama PG, Dwi Satriyo Annurogo yang diwakili oleh Senior Vice President (SVP) Transformasi Bisnis, Eko Suroso menyampaikan bahwa, rata-rata produktivitas ubi cilembu dari Kelompok Tani Pangkalan yang menjadi mitra demonstration plot (demplot) sebelumnya 20,03 ton/Ha. Dengan menggunakan pupuk komersil PG serta pendampingan ahli, hasil panennya meningkat menjadi 27,01 ton/Ha.

“Dari demplot ini ada peningkatan produktivitas sekitar 7,07 ton setiap Hektarenya, atau setara dengan 35,29 persen. Tentu banyaknya hasil panen ini akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan petani,” ujar Eko, Kamis, 1/6/2023.

Adapun pupuk komersil yang diaplikasikan pada program demplot ini yaitu  ZA Plus dan NPK Phonska Plus. Eko mengungkapkan ZA Plus merupakan pupuk alternatif yang ditawarkan untuk petani yang masih membutuhkan pupuk ZA, mengingat saat ini sudah tidak masuk dalam skema subsidi.

Selain itu, Eko juga menyatakan bahwa kedua produk tersebut memiliki khasiat yang akan sangat membantu meningkatkan produktivitas tanam dan kesejahteraan petani. Pupuk ZA Plus diperkaya dengan tambahan unsur hara micro yaitu Zinc sebesar 1.000 ppm. Berdasarkan uji efektivitas, penggunaan pupuk ZA Plus dapat meningkatkan warna, aroma, rasa, dan memperbesar umbi sehingga sangat cocok untuk komoditas ubi cilembu. Sementara Phonska Plus memiliki kandungan Zinc yang dapat memperbanyak umbi serta diperkaya Sulfur yang dapat meningkatkan kualitas dan daya simpan hasil panen.

“Kami berharap budidaya demplot ini bisa diduplikasi oleh petani ubi cilembu lainnya di Sumedang agar semakin banyak lagi petani yang merasakan manfaat dari pupuk pengembangan Petrokimia Gresik,” tandas Eko.

Baca Juga :  PGN Siap Modernisasi Kemudahan Akses 270 ribu Sambungan Gas Bumi Rumah Tangga GasKita di Jabotabek, Karawang dan Cilegon

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan usai mengikuti panen raya demplot berharap program kerja sama antara petani ubi cilembu dengan Petrokimia Gresik terus berkelanjutan. Pemerintah Kabupaten Sumedang, tambahnya, akan segera menindaklanjuti untuk bekerjasama dengan Petrokimia Gresik guna menjamin ketersediaan pupuk dan keterjangkauan harga para petani khususnya di Desa Cilembu.

“Saya juga berharap Petrokimia Gresik meneliti pupuk apa yang lebih cocok buat diberikan kepada para petani ubi cilembu ini. Sehingga hasilnya nanti lebih meningkat lagi, karena sekarang permintaan ubi cilembu ini sangat meningkat,” pungkasnya.(nia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.