Dari Kasus Viral Ibu Mengamuk Soal Susu UHT Tak Disimpan di Kulkas, Amankah?

oleh -392 Dilihat

KILASJATIM.COM, Jakarta – Belum lama ini, tengah viral seorang ibu-ibu yang marah-marah kepada karyawan minimarket. Wanita itu mengamuk lantaran susu UHT yang dibelinya tidak dingin karena tak disimpan di dalam kulkas.

Dari video yang beredar di media sosial, terlihat wanita tersebut memegang satu kotak susu UHT berukuran satu liter yang diserahkan kembali ke penjaga kasir minimarket. Sambil menyerahkan susu UHT yang tak dingin ke penjaga kasir, wanita tersebut meminta uangnya kembali.

“Kalau nggak dingin saya minta uang kembali. Susu itu harusnya dingin karena saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin. Saya tidak peduli, balikin uang saya sekarang dan ini sudah telat,” kata wanita tersebut.

Amankah mengonsumsi susu UHT yang tidak dingin?

Mengutip berbagai sumber, susu merupakan minuman penuh nutrisi yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan.

Spesialis gizi klinik dr Putri Sakti, MGizi, SpGK meluruskan sebetulnya susu UHT aman disimpan dalam suhu ruang lantaran sudah melewati proses sterilisasi. Hal yang mungkin membahayakan tubuh, kata dia, adalah ketika susu sudah dalam kondisi terbuka, berada dalam suhu ruang cukup lama, lalu dikonsumsi.

Dia menyarankan masyarakat untuk memastikan susu yang dibeli benar tersegel dengan rapih. Selama kondisi produk tidak rusak dan batas kedaluwarsa dipastikan aman, tidak ada masalah untuk mengonsumsinya meski saat dijual, ditaruh di suhu ruang.

“Apabila susu UHT sudah terbuka, kalau sudah terkena air liur, maka dia maksimal dalam satu jam harus sudah habis dari pertama kali dibuka,” terangnya, Rabu (10/7/2024).

“Tetapi kalau misalkan belum kena air liur dituang dari literan ke gelas, dia bisa bertahan sampai 2 jam,” ungkap dr Putri.

Baca Juga :  SGM Eksplor dukung Indonesia jadi negara maju 2045

Perlu diingat, potensi susu menjadi basi, juga bergantung pada kondisi suhu dan kelembapan ruangan. Karenanya, saat susu UHT sudah dalam kondisi terbuka, cara aman untuk menjaganya tetap segar adalah disimpan di lemari pendingin.

“Kalau misalkan kita masih mengonsumsi susu tersebut, pada kondisi sudah dibuka, dan ada di suhu ruang lebih dari berjam-jam, barulah ada risiko paparan kuman, virus, dan bakteri. Yang bisa mengganggu pencernaan,” pungkasnya. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.