Cegah Penularan Virus Corona, Dinkes Jatim Pasang Alat Deteksi Suhu Tubuh di Bandara dan Pelabuhan  

oleh -1.619 views
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Herlin Ferliana.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Mengantisipasi penularan virus corona masuk Jatim, Dinas Kesehatan Provinsi melakukan pengawasan dan memperketat warga negara asing yang masuk ke Jawa Timur. Upaya yang dilakukan ialah memasang alat pendeteksi panas tubuh (thermal scanner) di bandara dan pelabuhan.

Selain itu juga telah mengirimkan petugas untuk melakukan pemantauan di Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Herlin Ferliana menerangkan, langkah preventif ini harus dilakukan untuk mencegah penularan virus corona yang pertama muncul di Cina dan terindikasi telah keluar dari negeri tirai bambu tersebut.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Bandara untuk memperketat pengawasan terutama orang masuk dari Cina. Pemasangan thermal scanner ini dapat mendeteksi secara dini melalui suhu tubuh karena salah satu ciri orang yang telah terjangkiti virus corona ialah suhu tubuh yang tinggi.

BACA JUGA: BBKP Surabaya Waspadai Penyebaran Virus ASF  

“Untuk cegah virus corona masuk Jatim, kita pasang alat deteksi suhu tubuh di Juanda dan Tanjung Perak serta ada petugas yang berjaga, Dinkes Provinsi juga berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Bandara,” terang dr. Erlin, Selasa (21/01).

Ia menginstruksikan kepada jajarannya, jika dijumpai orang dengan panas tubuh tinggi dari luar negeri terutama dari Cina segera ditangani dan membawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan secara ketat melalui laboratorium.

Jika ada pasien dinyatakan positif virus corona maka wajib dilakukan isolasi karena virus baru yang menyerang paru-paru ini cepat dan mudah menular serta berefek kuat pengaruhi tubuh. “Sejauh ini di Jatim belum ditemukan pasien dengan virus corona,” pungkasnya. (kominfo/kj6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.