Canthing Jawi Wetan Go Global Catatkan Transaksi Rp 1,235 Miliar

oleh SebarTweet

Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim, Wahid Wahyudi di acara penutupan Canthing Jawi Wetan Go Global

KILASJATIM.COM, Surabaya – Event bazar dan pameran batik tulis dari 38 kabupaten kota bertajuk ‘Canthing Jawi Wetan Go Global’ menembus transaksi sebesar Rp 1,235 miliar.

“Alhamdulillah UMKM yang meramaikan pameran ini transaksinya juga cukup besar, sebesar Rp1.235. 802.000,” ungkap Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim, Wahid Wahyudi saat menutup Canthing Jawi Wetan Go Global di halaman Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan, Surabaya, Senin (29/3/2022).

Bahkan, masyarakat tampak antusias mengunjungi acara yang berlangsung sejak tanggal 26 sampai 29 Maret 2022 tersebut. Terbukti dengan tingginya animo pengunjung yang datang secara langsung, maupun yang melihat via daring.

“Mencapai 2.127 pengunjung, itu yang hadir secara offline, juga mengikuti secara online sekitar 3 ribu orang,” terangnya.

Rangkaian acara Canthing Jawi Wetan Go Global ini, tidak hanya mengangkat batik batik tulis khas motif dari 38 kabupaten kota saja, tetapi juga produk produk UMKM. Selain itu juga pagelaran seni budaya.

Bahkan, pada hari ketiga, Minggu (27/3/2022) malam, penyelenggara menampilkan pagelaran peragaan busana dari batik, karya dua desainer kondang Tanah Air, Denny Wirawan dan Edward Hutabarat.

Gelaran ini dilaksanakan di seputaran Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya. Untuk pertama kalinya, dan berlangsung meriah, membuat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terpesona, dan berharap menjadi event tahunan.

“Bahkan Ibu Gubernur mengatakan, Pak Sekda, ternyata di Tugu Pahlawan kalau dibuat acara fashion seperti ini, sangat bagus. Mungkin ini perlu menjadi agenda tahunan, khususnya pada peringatan peringatan hari besar, seperti hari jadi Jawa Timur, ‘” ucap Pj Sekdaprov . (kj4)