Bursa Efek Indonesia Resmikan 6 Galeri Investasi di Jawa Timur

oleh -192 Dilihat

Peresmian enam galeri investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) di Jawa Timur, Rabu (3/8/2022)

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) aktif melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan jumlah investor lokal serta menumbuhkan kesadaran dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap investasi di pasar modal,

Salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh BEI sebagai upaya memperkenalkan keberadaan pasar modal kepada masyarakat adalah melalui pendirian Galeri Investasi BEI di berbagai perguruan tinggi, lembaga atau komunitas.

Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, mengatakan, Galeri Investasi BEI merupakan bentuk kerja sama antara BEI dengan perguruan tinggi, lembaga atau komunitas dan perusahaan sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra, termasuk masyarakat dan kalangan akademisi, dapat mengenal lebih dekat serta memahami dengan benar keberadaan lembaga-lembaga keuangan di pasar modal dan berbagai produk serta jasa yang ada di pasar modal.

“Diharapkan pada akhirnya masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda, mampu menggunakan produk dan jasa keuangan di pasar modal untuk memenuhi kebutuhan keuangannya,” kata Jeffrey Hendrik saat meresmikan 6 galeri Investasi BEI (GI BEI) secara serentak di gedung Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur pada Rabu (3/8/2022)

Turut hadir dan meresmikan enam galeri tersebut diantaranya Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, dan Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis, yaitu:
1. GI Syariah BEI di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri kerjasama antara BEI dengan IAIN Kediri dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra Menjadi GI BEI ke-6 yang diresmikan di Kediri.

2. GI BEI di STIE Dewantara Jombang bentuk kerja sama antara STIE Dewantara Jombang dan PT Phintraco Sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra
Menjadi GI BEI ke-7 yang diresmikan di Jombang.

3. GI BEI di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA), merupakan bentuk kerja sama antara BEI dengan UNUSIDA dan PT Phintraco Sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra
Menjadi GI BEI ke-3 yang diresmikan di Sidoarjo.

4. GI BEI di STEI Permata Bojonegoro, bentuk kerja sama antara BEI dengan STEI Permata Bojonegoro dan PT Mirae Aset Sekuritas Indonesia sebagai Anggota Bursa mitra menjadi GI BEI pertama yang diresmikan di Bojonegoro

5. GI BEI di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur, kerja sama antara BEI dengan HIPMI Jatim dan PT Mirae Aset Sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra menjadi GI BEI ke-23 yang diresmikan di Surabaya.

6. GI BEI di PT Pegadaian Surabaya
merupakan bentuk kerja sama antara BEI dengan PT Pegadaian Kantor Wilayah XII Surabaya dan PT BRI Danareksa Sekuritas sebagai Anggota Bursa mitra, menjadi GI BEI ke-24 yang diresmikan di Surabaya

Hadir juga pada acara peresmian enam GI BEI dimaksud:
– Wakil Rektor 3 IAIN Kediri, Dr. H.M. Dimyati Huda., M.Ag
– Ketua STIE Dewantara Jombang, Dr. Abdul Rohim, S.E., M.Si.
– Dekan Fakultas Ekonomi UNUSIDA, Ibu Muhafidhah Novie, S.E., M.M.
– Ketua STEI Permata Bojonegoro, Dr. Agung Hirmantoro, M.M., M.Ak.
– Ketua Umum HIPMI Jawa Timur, yang diwakili oleh Ketua Bidang 2 BPD HIPMI Jawa Timur, Abdul Ghofur
– Pimpinan PT Pegadaian Kantor Wilayah XII Surabaya, yang diwakili oleh Vice President PT Pegadaian Regional Jawa Timur, Surjo Raharjo
– Direktur PT Indo Premier Sekuritas, yang diwakili oleh East Regional Manager PT Indo Premier Sekuritas, Adhe Citra
– Plt. Direktur Utama PT Phintraco Sekuritas, yang diwakili oleh Head of Business Development PT Phintraco Sekuritas
– Direktur PT Mirae Aset Sekuritas Indonesia, Daewoong An
– Direktur Utama PT BRI Danareksa Sekuritas, Kevin Praharyawan

Dengan diresmikannya enam GI BEI baru dimaksud, maka per 31 Juli 2022 jumlah GI BEI di seluruh Indonesia mencapai 697 GI BEI dan jumlah GI BEI di wilayah kerja Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur adalah 80 GI BEI meliputi 65 GI BEI, 8 GIS BEI, 6 GIE BEI dan 1 GID yang tersebar di berbagai kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Mojokerto, Madiun, Banyuwangi, Jember, Blitar, Lumajang, Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan lain-lain.

Harapan ke depan, dengan makin banyaknya kerja sama pendirian GI BEI yang dilaksanakan di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur, maka kegiatan sosialisasi dan edukasi Pasar Modal termasuk juga Pasar Modal Syariah, dapat dilaksanakan secara massif sehingga dapat meningkatkan literasi maupun inklusi di pasar modal, yang berdampak pada semakin banyaknya tercipta jumlah investor baru di Pasar Modal Indonesia.

Tercatat, pada akhir semester I tahun 2022 jumlah investor saham telah menembus angka 4 juta, yaitu sebesar 4.002.289 Single Investor Identification (SID). Yang penting juga untuk diketahui bahwa 99,79% merupakan investor individu lokal. Hal ini menunjukkan bahwa investor lokal mendominasi pasar modal Indonesia, setelah bertahun-tahun sebelumnya didominasi oleh investor asing. Bahkan yang menarik, pada akhir semester I tahun 2022, investor saham didominasi oleh investor berusia di bawah 40 tahun, yaitu gen z dan milenial sebesar 81,64% dengan nilai aset yang mencapai Rp144,07 triliun. (kj2)

No More Posts Available.

No more pages to load.