Bupati Tuban Serahkan ADD Lebih Awal  

oleh
Bupati Tuban didampingi Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah menyerahkan lebih awal ADD tahun 2020 sebesar Rp18,3 miliar untuk 14 camat untuk 93 desa, Sabtu (18/01).

KILASJATIM.COM, Tuban – Bupati Tuban didampingi Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah menyerahkan lebih awal Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2020 sebesar Rp18,3 miliar untuk 14 camat untuk 93 desa, Sabtu (18/01). Penyerahan ADD di awal tahun agar dapat segera diserap, juga sebagai langkah percepatan pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Penyerahan dilakukan usai melaksanakan muhasabah Sabtu pagi di Masjid Fathurrohmat Pendopo Kridho Manunggal. Kegiatan ini juga diikuti pimpinan OPD; Camat; Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tuban; guru TPQ; dan masyarakat.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda. Juga selaras dengan program Pemkab Tuban; Pemprov Jatim; dan pemerintah pusat. “Sesuai sesuai target dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Selain ADD, juga ikut hibah Peningkatan fasilitas tempat ibadah; pondok pesantren; dan TPQ tahun anggaran 2020 untuk 57 penerima. Total dana hibah yang disetujui mencapai Rp 2.085 miliar.

BACA JUGA: Butuh Anggota PPK, KPUD Tuban Buka Lowongan

Menurut Bupati Tuban, hibah TPQ yang telah disetujui dapat diberikan segera dibelanjakan untuk pembangunan. Dengan demikian bangunan dapat digunakan disimpannya dan membawa manfaat bagi masyarakat.

Penyerahan hibah ini dimulai dengan program Pemkab Tuban untuk mewujudkan masyarakat yang lebih religius. Di samping itu, sebagai salah satu upaya pengembangan karakter dan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan, baik formal maupun informal.

Bupati dua periode ini menginstruksikan perlunya memanfaatkan potensi lahan di Bumi Wali. Salah satunya di sektor pertanian yang mampu surplus padi dan jagung. Capaian ini semakin bertambah dengan menanam tanaman yang keras dan bisa menghasilkan buah. Selain untuk penghijauan, buahnya dapat dimanfaatkan dengan baik langsung atau dijual.

“Juga perlu adanya pabrik pengolahan hasil pertanian agar meningkatkan nilai tambah hasil petani,” tandasnya.

BACA JUGA: Satpol PP Tuban Tertibkan Baliho Bacabup Salahi Aturan  

Pada kesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan santunan bagi keluarga guru TPQ yang meninggal dunia dari BPJS Ketenagakerjaan Tuban. Total santunan yang diberikan mencapai Rp 108 juta untuk 3 keluarga. (hms/kj25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *