Bupati: Perusahaan di Tuban Harus Serap Tenaga Lokal

oleh -1.119 views
Bupati Tuban H Fatchul Huda saat jadi Irup Tujuh Belasan di halaman Pemkab Tuban.

KILASJATIM.COM, Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda menegaskan semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tuban harus menyerap warga lokal menjadi tenaga kerja. Pekerjaan yang mampu dikerjakan warga Tuban hendaknya menggunakan tenaga kerja lokal.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tuban saat memimpin Upacara Tujuh Belasan dan Bulan K3 Pemkab Tuban tahun di halaman Pemkab Tuban, Jumat (17/01). Kegiatan ini diikuti Sekretaris Daerah; pimpinan OPD; perwakilan perusahaan; dan pegawai Pemkab Tuban.

Lebih lanjut, Bupati Tuban menyatakan penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan. Menurutnya, penyandang disabilitas juga mempunyai potensi dan kompetensi yang dibutuhkan perusaahan, karenanya Pemkab Tuban harus memfasilitasinya. “Jadi, perusahaan tidak perlu meragukan kemampuan mereka,” tuturnya.

Selain itu, perusahaan yang belum bisa memberikan gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tuban, segera mengirim surat penundaan. Selanjutnya, Pemkab Tuban akan melakukan kajian dan inspeksi.

BACA JUGA: Butuh Anggota PPK, KPUD Tuban Buka Lowongan

“Akan dicari tahu, apakah benar-benar tidak mampu atau mengada-ada,” jelasnya. Langkah ini sesuai dengan regulasi yang berlaku dan semua pihak diminta untuk mengawal kebijakan ini agar terlaksana dengan optimal.

Bupati Huda menginstruksikan agar perusahaan terus membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). “Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi perusahaan yang telah berpartisipasi untuk menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Tadjuddin Tebyo, SH., menyebutkan sampai akhir 2019, jumlah perusahaan di Kabupaten sebanyak 790 perusahaan dari kategori kecil hingga besar.

Sedangkan, jumlah angkatan kerja mencapai 659.499 orang dan yang sudah bekerja sebanyak 640.855 orang. “Jumlah pencari kerja yang terdaftar sebanyak 5.091 orang,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati Tuban Ajak Para PKL dan Tukang Becak Makan Siang 

Tadjuddin Tebyo menambahkan pada 2020, UMK Kabupaten Tuban mengalami kenaikkan sebesar 8,51 persen, yang semula 2,3 juta menjadi 2,5 juta. Peningkatan ini diharapkan mampu motivasi pekerja untuk terus meningkatkan kinerjanya.

Untuk diketahui pada 2020, Bupati Tuban memperoleh penghargaan Pembina K3 terbaik ke-5 dari Pemprov Jawa Timur yang diserahkan Gubernur Jawa Timur pada Senin lalu. Selain itu, sebanyak 29 perusahaan memperoleh penghargaan.

Adapun rinciannya, yaitu sebanyak 22 perusahaan memperoleh penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award); sejumlah 3 perusahaan memperoleh penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3); sejumlah 3 perusahaan menerima penghargaan Kecelakaan Nihil dan SMK3; dan satu perusahaan memperoleh penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS). (hms/kj25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.