Bupati Malang Launching Festival Literasi

oleh -148 Dilihat
Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi MM, Sabtu (21/12) pagi memberangkatkan gerak jalan sehat dalam rangka Launching Festival Literasi Madrasah di Yayasan Pendidikan Miftahul Huda Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak.

KILASJATIM.COM, Malang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi MM, Sabtu (21/12) pagi memberangkatkan gerak jalan sehat dalam rangka Launching Festival Literasi Madrasah di Yayasan Pendidikan Miftahul Huda Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak.

Acara tersebut diikuti oleh Anggota DPR RI Komisi XI, Ali Ahmad, Anggota DPRD Kabupaten Malang, Camat beserta Muspika Wajak, Perangkat Desa Sumberputih, Keluarga Besar Yayasan setempat, tokoh masyarakat serta peserta gerak jalan yang terdiri dari kepala sekolah serta para guru MI, TK, RA se-Kecamatan Wajak.

Bupati menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar Yayasan Pendidikan Miftahul Huda yang telah menyelenggarakan pertemuan ini sehingga mampu menjadi wadah yang baik untuk memperkuat jalinan silaturahmi.

“Apalagi pesertanya dari tenaga pendidik, para pejuang tanpa tanda jasa. Semoga di tangan guru-guru ini generasi penerus nantinya akan menjadi pemimpin besar. Dengan adanya acara ini saya harap kita tidak ketinggalan informasi terbaru karena dengan gemar membaca menulis, anak didik kita menjadi pimpinan yang bertaqwa kepada Allah SWT. Allahummaj ‘alnaa lil muttaqiina imaama,” ungkap bupati di awal sambutannya.

BACA JUGA: Bupati Malang Pimpin Gema Desa di Pakis  

Menurutnya, perintah membaca ini sudah ada sejak jaman Rosulullah SAW, yang diwahyukan melalui Malaikat Jibril. “Iqro’ bismikal ladzii kholaq, surat ke 96 di dalam ayat suci Al Quran berjumlah 19 ayat. Surat tersebut dimaksudkan agar manusia belajar membaca kemudian mempelajarinya setelah dipahami kita dianjurkan untuk menulis.

Mari kita amalkan perintah Allah SWT itu, sehingga nanti bisa kita tularkan ilmunya kepada para generasi penerus bangsa untuk dimanfaatkan di berbagai aktivitas. Karena ada tiga amalan yang tidak akan putus meskipun saat kita meninggal nanti, pertama sodaqoh jariyah, doa anak-anak yang shaleh dan ilmu yang bermanfaat.

“Selamat kepada MI Miftahul Huda telah mengawali festival literasi ini, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi banyak orang,” pesan Bupati dilanjutkan membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Sementara itu, Ketua Panitia Abdul Rozak, M. Pd menyampaikan dalam sambutan singkatnya, ucapan selamat datang kepada Bupati Malang di Kecamatan Wajak khususnya di yayasan pendidikan Miftahul Huda ini. “Saya ungkapkan terima kasih karena bapak berkenan hadir di acara ini.

BACA JUGA: Kota Malang Pecahkan Rekor MURI Membaca Melalui Gawai

Kegiatan ini sebagai kegiatan yang mengawali literasi di Kabupaten Malang dalam rangka menyambut revolusi industri 4.0 yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia beserta Menteri Pendidikan.

Salah satu titik tumpuan pendidikan adalah SDM harus unggul, untuk itu dicanangkan literasi MI IGRA dan TK Muslimat di Kecamatan Wajak. Kami mencoba untuk mencuri start / mengambil langkah lebih awal sebelum lembaga pendidikan yang lain mengawali literasi ini,” jelas Abdul Rozak.

Dilaunchingnya Festival literasi ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Bupati Malang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada ketua panitia penyelenggara. (hms/kj13)

No More Posts Available.

No more pages to load.