Bupati Ipong: KONI Ponorogo Diharapkan Punya Olahraga Andalan    

oleh -1.293 views
Para pengurus KONI Periode 2019-2023 yang baru saja dilantik mendapatkan ucapan selamat dari Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dan jajaran Forkopimda Ponorogo.

KILASJATIM.COM, Ponorogo – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Ponorogo punya PR besar pada periode kepengurusan 2019-2023. Salah satunya adalah memunculkan cabang olahraga yang bisa diandalkan untuk meraih prestasi dalam berbagai ajang kompetisi.

“Mengurus olahraga itu harus all out. Harus sungguh-sungguh memikirkan. Mencari bibit-bibit atlet yang akan dibina dan sebagainya,” ungkap Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni usai menghadiri Pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Ponorogo periode 2019-2023 di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo, Senin (3/2/2020).

Untuk menjaring olahragawan yang berprestasi, lanjut Bupati Ipong, harus ada pengkaderan atlet yang bertahap. Kompetisi juga harus ditata dengan baik. Penjaringan atlet sejak usia anak-anak bisa dilakukan. Setelah itu dilakukan pembinaan yang baik.

Diakuinya, selama ini pengembangan prestasi olahraga di Ponorogo terkendala anggaran yang masih minim. “Selama ini memang anggaran kita kecil sekali untuk olahraga ini. Tapi di masa kepemimpinan saya sudah naik banyak dibanding bupati-bupati sebelumnya. Sudah naik dua kali lipat, sekitar Rp 4 miliar-Rp 5 miliar,” ujarnya.

BACA JUGA: 1.600 RTLH Ponorogo Bakal Direhab Pada 2020

Dicontohkannya, saat menjadi Ketua Pengda Basket Kaltim, anggaran pembinaan tim tersebut mencapai Rp 10 miliar untuk satu tahun. Saat itu, banyak pemain profesional asal Kaltim yang dipanggil pulang untuk bermain di tim Kaltim. Hasilnya, tim basket Kaltim meraih medali emas di ajang PON Kaltim XVII 2008.

“Jadi kalau anggaran kita sejumlah itu (Rp 4 miliar) yang memang kecil,” ujarnya.

Namun, ia berharap KONI Ponorogo bisa menghadirkan prestasi di bidang olahraga. Dikatakannya, prestasi tidak harus muncul dari semua cabang olah raga. Tiga atau empat cabang saja sudah cukup. Meskipun menurutnya ada beberapa olahraga yang berpotensi untuk memiliki atlet berprestasi. Cabang olahraga tersebut adalah sepakbola, silat, paralayang, selam, voli dan panahan.

“Menurut saya yang tidak kalah penting dalam pembinaan olahraga adalah perencanaan yang baik. Salah satu kunci untuk meraih prestasi adalah dengan memiliki rencana yang baik untuk masa mendatang. Dengan potensi yang ada, saya harap KONI bisa melahirkan cabang olahraga yang bisa diandalkan untuk meraih prestasi,” tutur Bupati Ipong.

BACA JUGA: Tuntaskan Rekam KTP-El Baru, Disdukcapil Ponorogo Jemput Bola Ke Sekolah

Dijelaskannya, pada periode kepemimpinannya kali ini, olahraga memang belum menjadi prioritas dalam pembangunan. Sebab, menurutnya masyarakat Ponorogo masih lebih membutuhkan pembangunan di bidang infrastruktur dan pertanian. Hal ini sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Kabupaten Ponorogo.

Ia berharap, pada 2021-2026, olahraga bisa menjadi program prioritas. Sebab empat tahun terakhir, pembangunan infrastruktur, menurutnya, sudah mengalami kemajuan yang signifikan. Karenanya, prioritas bisa ditambahi dengan pembangunan untuk peningkatan sumber daya manusia.

Pengurus KONI Ponorogo 2019-2023 dilantik oleh Ketua Harian KONI Jawa Timur, M. Nabil. Susunannya, Ketua Umum Muh. Agus Yahya; Ketua Harian Aris Isnandar; Sekretaris Imam Saifudin, Wakil Sekretaris Khoirul Fuadi; Bendahara Samodro; dan Wakil Bendahara Fuad Safrowi. Selain itu terdapat tujuh bidang dalam kepengurusan kali ini. (kominfo/kj23)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.