Bupati: Dua Warga Situbondo Positif Covid-19 Kondisinya Stabil

oleh
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (tengah) saat konferensi pers penanganan Covid-19, Sabtu (28/3/2020). (Ist)

KILASJATIM.COM, Situbondo – Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengemukakan bahwa dua orang warganya yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19) masih dirawat di RSUD dr Soebandi Jember dan kondisinya stabil.

“Keduanya (positif corona) merupakan warga dalam satu wilayah di Kecamatan Bungatan. Saya juga sudah komunikasi langsung melalui sambungan telepon, keduanya secara fisik kondisinya baik-baik saja,” kata Bupati Dadang dalam konferensi pers di Ruang Baluran Pemkab Situbondo, Jawa Timur seperti dilansir antaranews.com, Sabtu 28 Maret 2020.

Satgas Covid-19 Situbondo, lanjut bupati, telah melakukan pelacakan dengan siapa saja pasien itu pernah berinteraksi. Warga yang dekat dengan pasien telah teridentifikasi dan saat ini telah diterapkan perlakuan khusus.

Selain itu, menurut Dadang, petugas telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di wilayah tinggal pasien positif Covid-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

BACA JUGA: KPU Situbondo: PPK Nonaktif dan Tidak Terima Honor

“Sementara orang dalam pemantauan atau ODP per hari ini sebanyak 117 orang,

53  orang di antaranya dipantau, lima orang rawat inap dan 48 ODP lainnya isolasi mandiri, serta sebanyak 64 orang selesai dipantau namun masih  berstatus ODP,” paparnya.

Bupati Dadang menyebutkan untuk pasien dalam pengawasan atau PDP sebanyak tiga orang, masing-masing satu orang PDP sudah rawat jalan dan dua orang PDP masih dirawat di RSUD dr Koesnadi Bondowoso.

Bupati Situbondo juga mengimbau masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan pola hidup sehat, sebagai upaya mencegah penularan virus asal Wuhan, China itu.

“Menjaga kebersihan, cuci tangan dan menjaga jarak (social distancing) penting untuk cegah penularan virus,” tuturnya. (ant/kj7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *