BSN Gelar International Standards Summit 2022 Jelang G20

oleh -653 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA: Dalam dua tahun terakhir, pandemi global telah mempengaruhi setiap aspek hidup masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perdagangan internasional. Melalui keketuaan Indonesia dalam G20 2022, Indonesia mengajak para pemimpin dunia untuk saling bahu-membahu, guna pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Sebagai bagian kegiatan Presidensi G20 di Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama World Standard Cooperation (WSC) yang terdiri dari International Electrotechnical Commission (IEC), International Organization for Standardization (ISO), dan International Telecommunication Union (ITU); serta partisipasi dari World Trade Organization (WTO) -organisasi internasional yang mengatur perdagangan antar negara- akan menyelenggarakan International Standards Summit 2022 di Bali pada 20 Oktober 2022.

International Standards Summit 2022 mengangkat ketiga topik yang menjadi fokus isu G20 Summit, yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital, serta transisi energi berkelanjutan, dengan menambahkan satu topik tentang net zero dan sustainable development goals (SDGs).

“Pertemuan ini bertujuan untuk mengajak para pemimpin dunia meraih tujuan pemulihan global melalui penyusunan kebijakan yang mengacu pada standar internasional,” terang Kukuh S. Achmad kepala BSN di Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

Kukuh menuturkan, menjadi tuan rumah International Standards Summit 2022 tersebut sangat penting artinya bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmen kuat dalam memanfaatkan standar untuk perlindungan masyarakat dan peningkatan daya saing dunia usaha. Apalagi, acara ini akan dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari perwakilan negara-negara anggota G20 serta pemangku kepentingan bidang standardisasi di Indonesia.

“Acara ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan kepada dunia internasional terkait komitmen yang kuat dari Pemerintah Indonesia dalam memanfaatkan standar untuk memfasilitasi penyusunan regulasi baik dalam rangka perlindungan masyarakat maupun untuk meningkatkan daya saing dunia usaha,” pungkas Kukuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  PLN UP3 Surabaya Barat Jamin Pasokan Listrik Bagi Produsen Oksigen di Masa Pandemi

No More Posts Available.

No more pages to load.