Biar Nggak Bosan, Yuk Toleh 5 Tempat Wisata Angker di Banyuwangi Ini!

oleh -1454 Dilihat

KILASJATIM.COM, Banyuwangi – Banyuwangi merupakan sebuah daerah di ujung timur pulau Jawa yang memiliki julukan “The Sunrise of Java”, maka tak salah jika tempat ini memiliki banyak tempat wisata yang indah.

Banyuwangi terkenal dengan wisatanya yang mendunia, seperti Pantai Plengkung yang menjadi tempat ajang World Surf League (WSL) 2022 pada Juni lalu.

Selain Pantai Plengkung yang terkenal berkat ketinggian ombaknya yang menantang para surfer, Banyuwangi juga terkenal dengan wisata bersejarah serta angker di dalamnya.

Penasaran apa sajakah wisata bersejarah dan angker di Banyuwangi? Simak daftar berikut dikutip dari kanal YouTube Misteri Tanah Osing.

1. Pantai Boom – Banyuwangi Kota

Pantai Boom yang terletak di Banyuwangi Kota merupakan pantai yang memiliki sejarah yang mengerikan.

Di tempat ini, pernah terjadi tragedi bernama tragedi Inkai. Di mana 26 anggota karateka termasuk sang pelatih terseret gelombang tinggi yang tiba-tiba datang saat mereka berlatih di pinggir Pantai Boom.

Menurut cerita, disinyalir Pantai Boom adalah tempat dapur kerajaan Bangsa Jin. Dimana pusat kerjaan jin itu berada di Alas Purwo.

2. Watu Dodol – Kalipuro

Watu dodol terletak di jalan raya Situbondo Banyuwangi. Watu dodol merupakan sebuah batu yang memiliki tinggi sekitar 10 meter, dengan permukaan batuan keras.

Watu dodol terkenal dengan kisah mistis dan angker, ditambah dengan adanya patung gandrung yang menjadi ikon dari Kabupaten Banyuwangi.

Konon katanya, patung gandrung tersebut dapat menari dan berubah-ubah mimik wajahnya.

3. Asrama Inggrisan –  Alun alun Blambangan

Asrama Inggrisan adalah bekas rumah sakit yang terletak di depan lapangan Gesibu, alun-alun Blambangan.

Tempat ini memiliki sejarah yang begitu kelam, di mana tempat ini pernah dijadikan tempat pembantaian pada zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga :  Sebentar Lagi Tahun Baru, Ini 5 Cara Menikmati Liburan Akhir Tahun Sederhana, tapi Tetap Berkesan

Menurut cerita dari warga setempat, saat malam hari sering terdengar seruan jeritan minta tolong dan penampakan seorang noni Belanda.

4. Rowo Bayu – Desa Bayu Kecamatan Songgon

Rowo Bayu adalah tempat wisata yang angker sekaligus sangat bersejarah bagi penduduk Banyuwangi.

Di tempat inilah Bumi Blambangan (sebutan kabupaten Banyuwangi) lahir, di mana terjadinya sebuah pertempuran dahsyat Kerajaan Blambangan melawan penjajahan Belanda.

Banyaknya korban yang berjatuhan saat perang menjadikan Rowo Bayu ini sebagai tempat wisata yang angker.

5. Alas Purwo 

Alas Purwo adalah salah satu wisata mistis menarik dari Kabupaten Banyuwangi. Alas Purwo sebenarnya adalah sebuah Taman Nasional, di mana di sini tersimpan berbagai macam flora dan fauna.

Menurut kepercayaan warga sekitar, Alas Purwo dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jin seantero Nusantara. Konon katanya, sejak masa penjajahan tidak ada seorang pun yang dapat keluar hidup-hidup dari Alas Purwo.

Demikian juga ketika seseorang meninggal di Alas Purwo, maka jasadnya pun sulit untuk ditemukan. Karena itulah Alas Purwo menjadi salah satu destinasi wisata angker di Banyuwangi.

Nah, itulah 5 wisata angker dan bersejarah di Banyuwangi yang bisa kamu simak. Wisata di atas bisa menjadi rekomendasimu ketika ingin berkunjung ke Banyuwangi dan merasakan sensasi misteri di dalamnya. (bbs/fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.