Beroperasinya GCL, AGAR Targetkan Penjualan Naik Hingga 1,8 Juta USD pada 2024

oleh -213 Dilihat

KILASJATIM.COM, Sidoarjo: PT Asia Sejahtera Mina Tbk (AGAR) optimis meraih kenaikan penjualan hingga 1,8 Juta USD pada akhir 2024, setelah beroperasinya anak usaha di sektor hilir yakni PT Giwang Citra Laut (GCL) pada bulan Agustus ini. Dipacunya operasional GCL ini, guna memacu kinerja perseroan yang sempat tertekan pada 2023 akibat berbagai pengaruh eksternal.

Anak usaha yang diakuisisi pada 2022 lalu, rencananya akan beroperasi pada Agustus ini, memproduksi Semi Refine Carragenan (SRC) yang dibutuhkan pada industri makanan dan obat-obatan di negara tujuan ekspornya seperti Cina, Eropa dan Amerika.

”Dengan beroperasinya GCL pada Agustus, kami optimis akan dapat meningkatkan penjualan hingga 1,8 Juta USD pada Q4 2024,” ujar Indra Widyadharma, Direktur Utama Perseroan, pada Public Expose, pekan lalu.

Selain itu, AGAR juga berencana melakukan rencana ekspansi lainnya sesuai persetujuan hasil RUPS, yaitu menambah bidang usaha perdagangan besar bahan mamin , hasil peternakan serta perdagangan mamin lainnya. Dan semuanya itu, bertujuan untuk meningkatkan kinerja perseroan.

Salah satu langkah yang telah dilakukan dalam ekspansinya, yakni AGAR telah melakukan kerjasama penelitian dan pengembangan produk makanan bioplastik dari rumput laut dengan hijau inovasi pada acara Bussiness Matching yang diadakan Kementerian Perindustrian RI Juni 2024.

”Inovasi yang akan dilakukan, dan telah disetujui melalui RUPS kali ini, tentunya bertujuan untuk mencapai target perseroan. Karena kami optimis, permintaan yang sebelumnya uturun, akan kembali normal pada Juli – Agustus 2024,” kata Indra.

Sementara itu, untuk menjaga dan memenuhi permintaan rumput laut khususnya dari luar negeri, AGAR bermitra dengan para petani rumput laut yang berada di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :  Pesan THS Via Auto2000 Mobile, Dapat Bonus Oli TMO Gratis

Kemitraan AGAR dengan para petani rumput laut sangat bermanfaat bagi persediaan rumput laut pada gudang dengan klasifikasi B yang berada di Surabaya, Maros dan Makassar,” kata Indra.

Beberapa sertifikasi tersebut antara lain Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Phytosanitary, Standar Kelayakan Pengolahan (SKP) hingga Sistem Resi Gudang.(den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News