Berhasil Terapkan Green CSR, PJB Berbagi Jurus Keberhasilan di Kampus IPB

oleh

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) membagikan best practice dalam pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada ratusan mahasiswa Departemen Manajemen FEM Institut Pertanian Bogor (IPB) dan mahasiswa pertukaran program Kampus Merdeka dari seluruh Indonesia. Acara kuliah tamu yang dikemas dalam Program Guest Lecturer Series ini dilaksanakan secara daring pada Senin (30/8).

PJB dinilai menjadi perusahaan yang telah berhasil dalam menjalankan pengelolaan CSR. Pengakuan dalam pengelolaan CSR tersebut salah satunya melalui pencapaian PROPER Emas pertama di PLN Group pada tahun 2017, pengelolaan CSR juga mendapatkan pengakuan di level internasional seperti Asia Responsible Enterprise Award.

Rindah F. Suryawati, S.E., M. Acc, Ak, Dosen IPB sekaligus moderator, menyampaikan salah satu ciri perusahaan yang baik adalah yang menjalankan CSR nya dengan baik, dan PJB sudah berhasil melaksanakan CSR serta mengkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat. PJB telah menerapkan Green CSR.

PJB yang diwakili Manajer CSR, Heri Supriyanto, pada kuliah ini memaparkan sekilas sejarah CSR, pentingnya CSR, hingga kiat-kiat bagaimana PJB menjadi yang pertama memperoleh Proper Emas dari KLHK di PLN Group. Pada kesempatan ini Heri menyampaikan, sebagai perusahaan pengelola pembangkit terbesar di Indonesia, PJB selalu berkomitmen untuk terus bertumbuh bersama alam dan masyarakat.

“Selain menyediakan listrik berkualitas, kami juga ingin membawa kebermanfaatan bagi masyarakat melalui program-program CSR yang terbukti telah di kancah internasional,” ujar Heri .

Beberapa program CSR PJB dikupas secara lengkap mulai dari fase inisiasi, optimalisasi, pengembangan dan peningkatan SDM, Inovasi dan integrasi, serta fase pemantapannya. Program tersebut adalah Kampung Setrum PLTU Paiton, Daun Sustainable Village, dan Program Inovasi Sosial, PJB Class. Dijelaskan juga manfaat pelaksanaan CSR PJB dalam peningkatan kinerja PROPER PJB.

Dengan menganut Prinsip 3P (People, Profit dan Planet) dan menciptakan keberlanjutan bisnis, PJB selalu mengedepankan aspek kesetaraan sosial melalui pengembangan masyarakat (People) dan menjaga kelestarian lingkungan (Planet) di sekitar wilayah operasional yang tidak hanya semata-mata mengedepankan keuntungan finansial (Profit) yang dicapai dalam kegiatan operasionalnya.

Program Guest Lecturer Series yang dilaksanakan oleh Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB ini merupakan perwujudan sinergitas antara dunia akademis dengan dunia industri. Program ini diharapkan dapat memberi wawasan serta pemahaman kepada para mahasiswa mengenai praktik dan implementasi di dunia bisnis/industri/praktisi. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *