Berbagi Ilmu Serangan Jantung di Usia Muda  

oleh -1.519 views
Suasana Media Gathering Siloam Hospitals Surabaya.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Di era milenial saat ini, banyak penyakit kritis yang mengancam generasi produktif, salah satunya adalah serangan jantung. Masih banyak orang belum paham benar mengenai serangan jantung. Bukan hanya pola makan dan gaya hidup yang mempengaruhi, namun ada beberapa faktor risiko yang tidak bisa diubah dan memiliki peranan dalam kesehatan tubuh.

Faktor risiko tersebut adalah gender, usia, serta riwayat penyakit jantung dalam garis keturunan. Sehingga selain menjaga pola makan dan teratur olahraga, skrining kesehatan perlu dilakukan minimal satu kali dalam setahun.

Serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah. Kondisi ini akan mengganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Dalam dunia kedokteran, serangan jantung disebut juga sebagai Acute Myocardial Infarction.

Melalui acara media gathering dengan tema “Serangan Jantung di Usia Muda”, dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospitals Surabaya ingin berbagi ilmu kepada rekan-rekan media seputar serangan jantung dengan harapan materi yang disampaikan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA: Siloam Hospital Surabaya Edukasi Kesehatan Lewat Family Run

“Tren usia penderita serangan jantung sekarang semakin muda. Jika dulu mulai muncul di usia 60 tahun, sekarang usia 30an sudah bisa menderita serangan jantung,” ujar DR. dr. Yudi Her Oktaviono, SpJP(K), FIHA, FICA, FAsCC, FSCAI, MM.

“Tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah pola makan sehat, hindari obesitas, olahraga teratur, dan medical checkup rutin setidaknya setahun sekali untuk usia 30 tahun ke atas,” ujar dokter yang menyelesaikan pendidikan kedokteran dan spesialisnya di Universitas Airlangga Surabaya.

Selain untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada rekan-rekan media, acara yang diselenggarakan di Boncafe Gubeng ini diselenggarakan oleh Siloam Hospitals Surabaya untuk menjaga silahturami dengan rekan-rekan media. Melalui acara ini, diharapkan teman-teman media mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai serangan jantung. Melalui acara ini, Siloam Hospitals Surabaya mengajak rekan-rekan media dan masyarakat untuk rutin melakukan medical checkup sebagai salah satu tindakan preventif.

“Kami mengharapkan medical checkup menjadi salah satu trend dalam masyarakat agar dapat menekan angka kejadian serangan jantung,” terang dr Chandra Wijaya selaku Business Development dari Siloam Hospitals Surabaya. (kj3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.