Bekerja Tanpa Padamkan Listrik, Tim PDKB PLN Dukung Keandalan Jaringan

oleh -889 Dilihat

KILASJATIM.COM, Gresik – PLN UP3 Surabaya Barat melayani proses tambah daya listrik salah satu pelanggan di Desa Bambe, Driyorejo Gresik. CV Bangun Jawa Rubber melakukan tambah daya listrik dari 53.000 VA menjadi 105.000 VA. Menariknya, rekonfigurasi jaringan listrik pekerjaan ini dilaksanakan dalam kondisi listrik tetap bertegangan alis tidak padam berkat adanya tim PDKB PLN UP3 Surabaya Barat.

PDKB adalah singkatan dari Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan. Tim ini adalah pasukan elite PLN yang terlatih dan tersertifikasi. Mereka bertugas melakukan pemeliharaan, perbaikan serta layanan kelistrikan lainnya baik di jaringan listrik tegangan menengah (TM) maupun tegangan tinggi (TT). Berbeda dengan pemeliharaan lainnya, tim PDKB melakukan pekerjaan pada keadaan bertegangan atau tanpa dilakukan padam listrik.

Assistant Manager Jaringan, M. Gora Sandy, selaku leader yang membidangi tim PDKB mengatakan ada satu tim PDKB tegangan menengah di PLN UP3 Surabaya Barat. Tim yang terdiri dari sembilan personil ini siap melayani pekerjaan khusus tentu dengan tetap mengedepankan faktor keamanan personil dan peralatan. “Dengan adanya tim PDKB, pekerjaan yang membutuhkan pemadaman listrik bisa dilakukan dengan tetap bertegangan dan berbeban. Artinya listrik tetap dialirkan ke pelanggan dan pekerjaan kelistrikan tetap dilaksanakan,” ujar Gora.

Lebih lanjut M. Gora Sandy menjelaskan saat ini banyak item pekerjaan yang bisa ditangani oleh tim PDKB, baik terkait dengan pemeliharaan untuk keandalan jaringan listrik maupun penyambungan pelanggan baru di sisi pemasaran. “Terdapat dua jenis metode pekerjaan tim PDKB yakni metode berjarak dan metode sentuh langsung. Metode berjarak artinya personil PDKB tidak langsung kontak atau berinteraksi dengan listrik namun menggunakan alat bantu seperti tongkat khusus dan lainnya. Sementara metode sentuh langsung dilaksanakan dengan menggunakan mobil skylift berisolasi 20KV yang memungkinkan tim PDKB menyentuh atau memegang langsung kabel listrik yang bertegangan 20.000 volt,” imbuh Gora.

Baca Juga :  Bukalapak Buka Kursus Kartu Prakerja ke 12, Tambah Jumlah LPK dan Kelas Pelatihan

Banyak keuntungan yang didapat dengan adanya tim PDKB, baik disisi PLN dan juga pelanggan. Yang pasti pelanggan tidak akan merasakan padam listrik meski pekerjaan kelistrikan sedang dilaksanakan. Sementara itu, kontinuitas aliran listrik agar terus mengalih ke pelanggan dapat terus dijaga yang tentunya akan menjadi nilai positif bagi PLN.

Muhamamd Irsyad, perwakilan dari CV Bangun Jawa Rubber mengapresiasi layanan PLN. Perusahaan yang bergerak di bidang vukaniser ban ini merasakan efektivitas layanan tambah daya tanpa padam listrik. “Kami berterima kasih kepada PLN. Proses tambah daya kami dilakukan tanpa putus listrik. Pelayanan PLN kami akui sangat cepat, responsif dan sangat luar biasa,” pungkas Irsyad. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.