April Mop Jadi Trending, Yuk Intip Sejarahnya!

oleh -394 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – April Mop atau April Fool’s Day merupakan sebuah perayaan yang dilakukan setiap tanggal 1 April di mana orang-orang membuat sebuah prank, tipuan, lelucon, kebohongan kepada teman, keluarga, kerabat, musuh yang telah dilakukan selama berabad-abad lamanya di berbagai belahan dunia.

Kendati demikian belum bisa dipastikan bagaimana asal-usul atau sejarah April Mop itu berasal. Mengutip dari situs History dan Days of the Year, berikut adalah sejarah asal usul April Mop yang dirayakan setiap tanggal 1 April.

Sejarah April Mop

Beberapa sejarawan mengemukakan bahwa April Mop dimulai sekitar tahun 1582 saat negara Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian sesuai permintaan Dewan Trent pada tahun 1563. Layaknya kalender Hindu, kalender Julian memulai tahun baru dengan titik balik musim semi yaitu sekitar tanggal 1 April.

Orang-orang yang telat mendapatkan berita serta gagal menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke tanggal 1 Januari, tetapi terus merayakan di minggu-minggu terakhir bulan Maret hingga tanggal 1 April menjadi sasaran lelucon dan kebohongan yang disebut ‘April Mop’.

Lelucon tersebut berlanjut dengan menempatkan sebuah ikan kertas yang ditempelkan pada punggung mereka yang disebut sebagai ‘poisson d’avril‘ (ikan April). Hal tersebut merupakan perumpamaan sebagai ikan muda yang sangat mudah ditangkap dan orang yang mudah sekali tertipu.

Sementara itu sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival seperti Hilaria (bahasa Latin yang artinya kegembiraan) yang perayaannya dilakukan oleh pengikut kultus Cybele pada akhir Maret di Roma Kuno.

Pada perayaan tersebut, orang-orang menyamar dan saling mengejak di antara sesamanya, bahkan hakim mengatakan bahwa hal tersebut terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

Baca Juga :  Dinsos dan Satpol PP Jember Gelar Razia Anak Jalanan

Cara Merayakan April Mop

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan dalam merayakan April Mop. Secara umum terdapat beberapa cara populer untuk merayakan April Mop seperti di bawah ini.

Mengerjai teman atau keluarga, bisa dengan menyembunyikan barang, berpura-pura sakit, ataun membuat berita palsu yang didramatisirMengerjai dengan melakukan panggilan telepon juga cukup populer untuk membuat kesal seseorang dalam perayaan April Mop, kamu bisa berpura-pura menjadi orang lain atau membuat kegaduhan yang bisa membuat panik orang yang akan jadi target prank.Berbagi pesan atau meme lucu kepada orang-orang terdekat mengenai April Mop juga bisa menambah kesan pada perayaan April Mop tersebut.

Itu tadi asal usul atau sejarah April Mop yang kerap diramaikan orang setiap tanggal 1 April setiap tahunnya. Walaupun hingga kini belum jelas siapa pencetusnya, namun tetap saja April Mop cukup menarik dijadikan sebuah tradisi untuk mengerjai dan membuat prank kepada orang-orang terdekat. (bbs/fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.