Anjlok, Suara Partai Demokrat Surabaya Untuk Pemilu 2019

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Perolehan suara Partai Demokrat di Surabaya pada Pemilu 2019 alami penurunan yang cukup tajam, yakni hanya mendapat empat kursi dari sebelumnya pada Pemilu 2014 mendapat enam kursi.

Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono mengatakan, pada Pemilu 2014 Demokrat mampu berada di posisi 3 besar di Kota Surabaya dengan 12,18 persen suara dan mampu dikonversi menjadi enam kursi DPRD Kota Surabaya.

“Defisit lebih dari 4 persen berakibat perolehan kursi di DPRD Kota Surabaya turun menjadi empat kursi,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis (09/05/19).

Ia menjelaskan, anjloknya suara Demokrat Pemilu kali ini karena beberapa hal pertama, ini terjadi karena penempatan daftar nama caleg oleh Partai Demokrat yang tidak optimal dalam merebut suara pemilih. Selain itu, lanjut dia, caleg gagal secara merata mendapatkan suara pemilih, hanya terpusat kepada caleg-caleg utama saja.

“Sehingga secara kumulatif saat dihitung melalui metode sainte lague tidak membuahkan kursi,” katanya.

Kedua, kata dia, secara nasional, pemilu serentak ini membuat pemilih sangat tertarik mengikuti isu Pemilu Presiden (Pilpres), dan terlihat Partai Demokrat kurang mengambil isu Pilpres ini. Hal ini diduga mempengaruhi pemilih dalam menentukan pilihan akhirnya.

“Pemilih Kota Surabaya, dimana Jokowi-Amin memperoleh lebih 70 persen suara. Posisi partai dalam Pilpres akan sangat menentukan pilihan pemilih,” katanya.

Sementara itu, Caleg Demokrat peraih suara terbanyak di dapil 5, Machmud Demokrat mengatakan dengan adanya metode penghitungan suara berupa Sainte Lague menyebabkan Partai Demokrat mengalami penurunan kursi, meski perolehan suaranya besar.

“Iya ini sitsem baru berupa pembagian 1, 2, 3, 5, 7 sehingga dapil 5 Demokrat hanya dapat satu kursi. Saya cuma dapat 41 ribu suara, kalau seandainya caleg lain yakni Bu Ninik dapat 8 ribu, maka di dapil 5 dapat dua kursi,” katanya.

Diketahui perolehan suara Partai Demokrat dan caleg Demokrat untuk Dapil 1 mendapat 16.193 suara, Dapil 2 mendapat 18.771 suara, Dapil 3 mendapat 22.525 suara, Dapil 4 mendapat 20.587 suara, Dapil 5 mendapat 41.707 suara. Total Perolehan 119.783 suara

Sedangkan caleg yang dipastikan lolos meiliputi :

1. Elok Cahyani (Dapil 2) mendapat 3.081 suara
2. Herlina Harsono Njoto (Dapil 3) mendapat 7.535 suara
3. Ratih Retnowati (Dapil 4) mendapat 5.767 suara
4. Mochamad Machmud (Dapil 5) mendapat 19.327 suara. (Tris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *