All New Honda Civic Type R Seharga 1,399,000,000 Meluncur di Indonesia  Civic Tercepat di  Kelasnya

oleh -402 Dilihat

KILASJATIM. COM, Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi  meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R , Kamis (30/3/2023) di Jakarta.

Sedan sport ini diklaim sebagai yang tercepat dengan mesin yang paling buas yang ada di deretan keluarga Civic.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, Honda Civic Type R terbaru dikembangkan menjadi mobil yang paling baru dari versi yang sebelumnya dan belum pernah ada.

” Sejak diluncurkan mobil ini juga langsung mendapat berbagai penghargaan salah satunya adalah car of the year Japan 2022,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, saat launching yang digelar secara hybrid di Jakarta, Kamis (30/3/2023)

Seperti diketahui, Honda Civic Type R sebelumnya sudah meluncur lebih dulu di global pada 2022. Namun, baru sekarang di bawa untuk konsumen Tanah Air.

Dengan desain agresif yang semakin aerodinamis dan mesin  dengan tenaga terbesar, All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat
yang pernah dibuat Honda. Varian Type R adalah jenis mobil Honda yang dirancang dengan inspirasi dari sebuah  mobil balap. Varian ini pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992 sebagai sebuah mobil sport Honda yang berfokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara yang luar biasa dari sebuah mobil balap.
Setelah itu, varian Type R  juga pernah hadir untuk model-model seperti Honda Integra dan Honda Accord.

Ditambahkan  Yusak Billy, Honda Civic Type R memiliki fans yang sangat loyal di  Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan bagi setiap pemilik mobil Honda karena memiliki mobil yang memiliki kesamaan DNA Sport dengan Civic Type R .

” Hari ini kami  juga bangga menyerahkan 10 mobil pertama kepada konsumen All New Civic Type R,  dan kami juga berusaha secepatnya mengirimkan unit-unit berikutnya untuk memenuhi permintaan konsumen,” imbuhnya.

Baca Juga :  Mudik Bersama Toyota All-New Agya dan All-New Agya GR Sport

Pada kesempatan yang sama, Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, All  New Honda Civic Type R dikembangkan sebagai puncak dari mobil sport Honda yang mengusung karakter Pure Sport. Civic Type R pertama terinspirasi oleh warisan  Honda di trek balap dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap Honda.

“Kami sangat bangga membawa generasi terbaru dari Civic Type R Indonesia dan kami yakin model ini kembali juga akan disambut baik oleh para fans Honda di sini, ” jelasnya.

Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada  saat ini sudah memasuki generasi yang ke-6. Berbeda dengan varian Honda lainnya, setiap varian Type memiliki emblem logo  Honda berwarna merah yang sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap Honda  yang turun dalam sebuah kejuaraan balap. Tak hanya itu, untuk semakin menegaskan  karakternya sebagai sebuah mobil sport, varian Type R juga memiliki warna eksklusif yaitu Championship White yang diwariskan dari mobil balap F1 Honda.

All New Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang  menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi  sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi  sebelumnya. Dengan tenaga mesin yang paling bertenaga, All New Honda Civic Type  R berhasil memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit  Suzuka, Jepang dengan mencatat Lap Time 2 menit 23.120 detik. Rekor ini  mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Honda Civic Type R.

Tak hanya dari sisi performa, All New Civic Type R juga kini dilengkapi dengan  berbagai teknologi baru yang semakin canggih, antaralain fitur LogR sebagai panduan  berkendara yang dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat.

Baca Juga :  Astra Peugeot Rilis Warna Baru New Peugeot 3008 SUV, Amazonite Grey

Honda WR-V RS All New Honda Civic Type R tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White,  Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl.

Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1,399,000,000,- (harga yang tertera
adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun  2023).

Fitur Lengkap All New Honda Civic Type R Eksterior Aerodinamis.

Eksterior All New Honda Civic Type R tampil dengan tampilan yang sport serta agresif dengan Gloss Black Front Spoiler, Front Fender Outlet, Gloss Black Side Sill Garnish, Gloss Black Rear Spoiler, Gloss Black Rear Diffuser, Triple Outlet Exhaust with Active  Exhaust Valve yang diposisikan di bagian belakang tengah mobil untuk menjaga aliran udara, dimana knalpot utama di kedua sisi menyalurkan udara dari mesin, sementara  knalpot tengah berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

All New Honda Civic Type R disematkan dengan plat nomor seri unik di setiap unitnya.  Sehingga setiap kali duduk di dalam kokpit, akan diingatkan sebagai pemilik eksklusif  All New Honda Civic Type R. Desain speedometer All New Honda Civic Type R menggunakan 10,2” TFT dan didesain secara eksklusif dimana twin-meter menggunakan jarum warna kuning yang  menjadi ciri khas dari Type R. Detail instrumen panel A/C All New Honda Civic Type R menggunakan pilihan serta  corak warna Polarized gunmetal yang juga sangat kental dengan nuansa sport. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News