Agenda Wisata Dimulai! Yuk, Kelola Keuangan Liburanmu dengan Bijak

oleh -705 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Usai bermaaf-maafan dengan kerabat di momen Idul Fitri, sekarang saatnya menikmati beberapa destinasi wisata di daerah kamu mudik.

Nah, saat pergi berwisata, artinya kamu harus menyiapkan diri akan mengeluarkan sejumlah uang dengan nominal yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu pergi berwisata ke luar daerah sehingga kamu membutuhkan tambahan budget untuk penginapan. Namun, meskipun sudah mempersiapkannya ternyata banyak juga lho yang mengalami kekurangan uang saat di tengah wisata. Kenapa bisa begitu ya?

Tentunya masalahnya adalah karena pengelolaan dana yang kurang baik selama berwisata. Untuk membantumu agar tidak mengalaminya, berikut ini adalah beberapa cara bijak untuk mengelola keuangan wisatamu:

Booking online

Selain praktis, melakukan booking online untuk beberapa kebutuhan wisata dapat membantumu mengelola keuangan. Misalnya dengan membeli tiket onlinebooking hotel online, dan sebagainya. Sebab, saat kamu melakukan booking maka kamu sudah langsung mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan, dan tarifnya tidak mungkin naik secara sepihak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, harganya biasanya lebih murah daripada kamu melakukan booking on the spot

Set budget harian

Berapa total dana yang kamu miliki untuk liburan (di luar penginapan)? Berapa hari kamu wisata? Dan, seperti apa itinerary kamu? Akan sangat berpengaruh pada pengelolaan keuanganmu. Jika ada satu atau lebih hari di mana kamu berencana untuk membeli oleh-oleh atau wisata kuliner, maka kamu bisa meningkatkan jumlahnya pada hari tersebut. Bijaklah mengatur dana harian tersebut agar tidak kehabisan sebelum waktunya.

Jadilah ‘penduduk lokal

Jika budget wisatamu terbatas, kenapa harus memaksakan diri pergi ke wisata mewah yang menghabiskan banyak uang? Pergilah ke area wisata yang sering dikunjungi penduduk lokal. Misalnya seperti pasar tradisional, dan sebagainya.

Baca Juga :  Dukung Pengembangan Wisata, PLN Elektrifikasi Pantai Kebo Trenggalek

Pisahkan tabungan

Jika kamu hanya memiliki 1 rekening tabungan, ada baiknya membuat satu rekening lagi khusus untuk wisata. Saat berwisata nanti, kamu hanya boleh menggunakan dana yang ada di sana dan tidak boleh mengganggu dana yang ada di rekeningmu yang lain. Hal ini akan membantumu membatasi pengeluaran agar setelah wisata nanti, kamu masih memiliki dana untuk kebutuhanmu.

Tukar uang sebelum berangkat

Untuk kamu yang berencana untuk berwisata ke luar negeri, maka tukarlah uangmu di negara domisili. Sebab, untuk negara berkembang, terkadang beberapa negara tidak menyediakan currency  negaramu. Kalaupun ada, biaya penukarannya biasanya lebih tinggi. Untuk kamu yang menyimpan uang dalam rekening, pastikan kamu bisa menemukan ATM bank yang menerima transaksi bank yang kamu gunakan. Cari juga berapa biaya yang harus dibayar jadi kamu bisa memperkirakan apakah harus menyimpannya dalam rekening atau menarik semuanya.

Inti dari mengelola keuangan selama wisata adalah seberapa bisa kamu menahan diri untuk tidak mengeluarkan dana melebihi budget. Jika kamu bisa melakukannya dan menerapkan berbagai hal di atas, bisa saja setelah wisata kamu justru memiliki kelebihan simpanan dana wisata. (bbs/bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.