Acer Indonesia Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Wonorejo untuk Dukung Pelestarian Lingkungan

oleh -590 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Dalam rangka mendorong komitmen berkelanjutan perusahaan untuk melestarikan lingkungan, Acer Indonesia kembali menggelar penanaman mangrove sebagai bagian dari inisiatif #SayangBumi di Kawasan Konservasi Mangrove Wonorejo, Surabaya. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari perayaan 25 tahun perjalanan Acer di Indonesia. Acer melibatkan karyawan, mitra bisnis, jurnalis, dan relawan komunitas lingkungan untuk bersama-sama menjaga kelestarian bumi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari penanaman mangrove yang telah dilakukan Acer Indonesia pada medio April lalu dalam rangka memperingati Hari Bumi dengan menanam 1.500 bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Tanjung Pasir, Banten. Kini, memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional pada 22 Mei, Acer kembali menanam 1.000 bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Wonorejo, Surabaya. Acer Indonesia berharap dapat terus berperan aktif dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi bumi dan generasi mendatang melalui penanaman mangrove ini.

Leny Ng, Presiden Direktur Acer Indonesia, mengatakan, “Penanaman mangrove ini adalah aksi nyata Acer dalam mewujudkan kebaikan bumi secara ekologis, serta diharapkan dapat membawa dampak sosial ekonomi yang positif. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong dan menjaga hutan mangrove agar generasi mendatang dapat menikmati lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. Sesuai misi Acer Indonesia, kami berkomitmen untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan melalui inisiatif #SayangBumi.”

Penanaman mangrove di Wonorejo, khususnya jenis Bruguiera gymnorrhiza, merupakan langkah strategis untuk melindungi ekosistem pesisir dan masyarakat sekitar yang rentan terhadap abrasi dan potensi banjir rob akibat naiknya air laut. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi upaya penguatan benteng alami fauna dan flora pesisir. Mangrove memiliki banyak daun dan berpotensi besar dalam menyerap karbon sehingga dapat menyerap emisi gas karbon secara optimal, karena tumbuhan ini memiliki sistem akar kapas dengan struktur unik. Bahkan, 1 hektar mangrove dapat menyerap 39,75 juta ton karbondioksida (CO2) per tahun.

Baca Juga :  IOH Berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Luncurkan Program Konservasi Laut di Jembrana - Bali

Dalam kegiatan kali ini, Acer berkolaborasi dengan Yayasan Seasoldier yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kampanye edukatif dan pentingnya partisipasi generasi muda dalam pelestarian lingkungan.

Dinni Septianingrum, COO & Founder Seasoldier, mengatakan, “Kami mengapresiasi langkah Acer Indonesia yang aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan penanaman mangrove di Surabaya ini dipastikan memiliki dampak positif bagi keanekaragaman hayati dan bisa memberikan perlindungan pada habitat pesisir, termasuk melindungi daratan dari kikisan air laut. Kami berharap langkah Acer Indonesia ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan pelestarian lingkungan.”

#SayangBumi merupakan program berkelanjutan dari Acer Indonesia yang mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan. Dimulai pada tahun 2022, inisiatif #SayangBumi telah diadakan di berbagai daerah di Indonesia melalui kegiatan edukasi, bersih-bersih pantai, pelatihan pelestarian lingkungan untuk pelajar, dan penanaman mangrove. Program ini menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan Acer selama 25 tahun di Indonesia. (pur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.