9 Langkah Agar Kulitmu Tetap Sehat dan Terlindungi dari Cuaca Panas

oleh -461 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Cuaca panas akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa suhu udara siang hari di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Surabaya dan daerah di Jawa Timur lainnya, terasa lebih panas dan terik. Peningkatan suhu panas ini akan melanda hingga beberapa waktu ke depan.

Hal ini ternyata erat kaitannya dengan penyebaran suhu panas yang dominan berada di selatan khatulistiwa dan erat kaitannya dengan gerak semu matahari. Hal inilah yang membuat peningkatan cuaca panas yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Mengingat intensitas sinar ultra violet yang mampu merusak kulit semakin besar, maka harus ada sejumlah adaptasi untuk perawatan kulit dan perlindungan yang berbeda dari sebelumnya. Sederet langkah bisa kamu lakukan untuk menunjang kesehatan kulit yang optimal.

Cara merawat kulit di musim panas

1. Ringankan langkah rutinitas penggunaan skincare

Jika kamu biasanya menggunakan produk skincare bertumpuk dengan kandungan yang rich, maka di musim panas ini hindarilah penggunaan produk dengan formula yang terlalu rich. Usahakan untuk menggunakan lightweight formula yang akan terasa lebih nyaman saat digunakan.

2. Gunakan pelembap dengan tekstur ringan

Ini juga sangat penting untuk dilakukan. Penggunaan pelembap dengan tekstur cream yang rich justru akan membuat pori-pori tersumbat. Jadi, beralihlah untuk menggunakan pelembap bertekstur ringan seperti gel dan water based formula yang dapat dengan mudah terserap kulit.

3. Tambahkan penggunaan vitamin C serum

Vitamin C sangat baik digunakan saat musim panas, Vitamin C akan membantu dan mencegah kulit terjadinya hiperpigmentasi, memperbaiki tampilan garis halus, dan mampu merangsang produksi kolagen secara lebih baik.

4. Jangan lupakan eksfoliasi kulit

Baca Juga :  Memperlakukan Kulit Saat Cuaca Panas

Eksfoliasi kulit, boleh saja. Tapi jangan terlalu berlebihan. Hal ini mampu menjadikan kulit teriritasi. Sebaiknya lakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu untuk mengatasi kulit dari tersumbatnya pori-pori.

5. Persingkat mandi dengan air hangat

Di musim panas, ada baiknya untuk menghindari mandi dengan air panas. Terlalu lama mandi dengan air panas akan menyebabkan kulit menjadi kering. Jadi, pastikan untuk mandi dengan air dingin agar kulit terhindari dari kulit kering.

6. Pastikan menggunakan makeup non-comedogenic

Lihat lagi pada label kemasan produk makeup yang kamu miliki. Sebaiknya gunakan makeup dengan kandungan non-comedogenic sehingga tidak mengyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

7. Pakai kacamata hitam

Ternyata tidak hanya untuk menambah gaya saja, tapi kacamata hitam mampu melindungi mata dari paparan sinar UV yang buruk bagi kesehatan. Jadi pastikan untuk lindungi mata saat sedang lakukan aktivitas luar ruangan.

8. Pastikan hidrasi tubuh terpenuhi

Hidrasi sangatlah penting untuk tubuh dan kulit. Apalagi di saat cuaca panas, dengan hidrasi yang optimal, maka kulit akan lebih minim mengalami sunburn.

9. SPF

Terpenting lainnya adalah penggunaan SPF. Lindungu seluruh tubuh dengan penggunan SPF. Jangan lupa aplikasikan SPF minimal 30 menit sebelum kamu beraktivitas. Pilih SPF dengan tekstur ringan, non-comedogenic, dan memiliki kandungan minimal 30 agar kulit lebih sehat. (bbs/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.