6 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Bisa Kamu Bawa Mudik ke Kampung Halaman

oleh -1911 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Musim mudik Lebaran 2023 sudah di depan mata. Sempatkan untuk membeli oleh-oleh saat mudik ke kampung halaman.

Nah, buat kamu yang berada di kota Surabaya, ada sederet makanan dan minuman di kota Pahlawan yang tahan lama dan tepat untuk menjadi oleh-oleh yang lezat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut enam oleh-oleh Surabaya yang bisa kamu bagi ke orang-orang terkasih di kampung halaman.

1. Kue Blinjo

Kue kering khas Surabaya ini berbentuk bulat seperti nastar. Disebut blinjo karena kue ini terbuat dari emping melinjo. Rasanya gurih, manis, dan lembut sudah pasti bikin ketagihan.

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk ikan yang satu ini merupakan kerupuk olahan. Selain kerupuk udang, ada pula rumput laut, kerupuk kerang, dan sebagainya.

Kerupuk ini bisa dibeli dalam bentuk mentah dan matang untuk oleh-oleh.

3. Suoklat Suroboyo

Penyuka makanan manis wajib membeli oleh-oleh yang satu ini. Beragam cokelat tersedia di Suoklat Café Surabaya, mulai dari rasa tiramisu praline, green team mango, dan stroberi.

4. Bandeng Asap Surabaya

Bandeng asap bisa menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama. Prosesnya melalui pengasapan sehingga awet dan pas dibawa ke luar kota.

5. Siropen Telasih

Siropen Telasih termasuk oleh-oleh legendaris khas Surabaya. Minuman khas ini sudah ada tahun 1923.

Minuman khas ini dibuat oleh warga Belanda bernama Van Drongelen. Siropen Telasih menjadi minuman oleh-oleh Surabaya yang terkenal. Ada sejumlah varian rasa yang bisa dipilih, seperti mawar, leci, caramel, jeruk, vanili, dan sebagainya.

6. Keripik Ceker Ayam

Keripik ceker ayam Surabaya memiliki rasa gurih dan dan tekstur renyah ketika digigit. Camilan dari kaki ayam ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Surabaya. (bbs/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Penataan dan Koneksi Fasilitas Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya Ditargetkan Rampung Mei 2024

No More Posts Available.

No more pages to load.