5 Tips Agar Motor Kamu Tidak Dicuri Maling

oleh -796 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Pencurian motor atau curanmor banyak terjadi di mana-mana. Ini pasti membuat kamu khawatir. Kamu bisa mencegah kemalingan motor dengan mengikuti tips-tips di bawah ini.

Di zaman yang serba canggih ini, pabrikan motor sudah melengkapi kendaraan dengan teknologi canggih untuk meminimalisasi pencurian. Namun, tetap saja masih banyak motor kecurian.

Dilansir dari laman Suzuki, pencurian motor lebih rentan dilakukan daripada mobil. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan mengenai hal ini.

Tips Motor Tidak Dicuri Maling

Agar motor kamu aman, maka harus dilakukan upaya-upaya untuk mengamankannya. Tujuannya para pelaku pencurian motor tidak bisa mengambil motormu.

Berikut ini rangkumkan lima tips agar motor kamu tidak dicuri maling. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tutup Lubang Kunci dengan Secure Key Shutter (SKS)

Secure Key Shutter (SKS) merupakan sistem penguncian cover magnet dan dilengkapi penutup manual. Penutup ini hanya dapat dibuka jika lubang kunci menyatu dengan kunci utama dari motor yang dipakai.

Saat ini motor dengan pengeluaran terbaru sudah mempunyai SKS. Cara kerjanya adalah apabila SKS diaktifkan, nantinya lubang kunci akan menutup dengan otomatis.

Jika kamu ingin membuka lubangnya, maka gunakan bagian kepala anak kunci. Karena satu-satunya cara agar lubang dapat dibuka adalah dengan bagian anak kunci.

2. Arahkan Kunci Setang ke Kanan

Apabila kamu ingin meninggalkan motormu, jangan lupa mengunci setang dengan mengarahkan kunci setang ke kanan. Mengarahkan kunci setang ke kanan dapat menjadi pengamanan tambahan di motor kamu.

Pencuri yang ingin membobol kunci atau menghidupkan mesin motor akan kesulitan dan pergerakan ruangnya akan terbatas. Hal tersebut merupakan salah satu cara agar motormu tidak dicuri.

Baca Juga :  7 kali beraksi, Tiga dari Empat Komplotan Pelaku Curanmor dibekuk Polrestabes Surabaya

Para pencuri motor juga akan terkecoh dan pergerakannya akan terhambat apabila ingin membobol kunci kontak dengan kunci T. Kunci T merupakan alat yang dapat dipakai untuk membuka baut dan memasang baut di area yang dalam dan sempit.

3. Jangan Tinggalkan Motor di Tempat Terbuka dan Cabut Kunci

Meninggalkan motor di tempat terbuka dan tidak resmi akan membuat motormu menjadi incaran pencuri. Sebaiknya jika ingin meninggalkan motor, titipkan ke tempat parkiran yang resmi atau yang terdapat penjaga parkir.

Jangan lupa mencabut kunci dari kontaknya apabila ingin meninggalkan motor. Jika kamu lupa tidak mencabut kunci, maka para pencuri motor dengan mudah mengambil motormu.

Setelah mencabut kunci motor janganlah disimpan pada tempat-tempat di motor yang mudah diketahui. Hendaknya kamu membawa kunci tersebut dan menyimpannya ke tempat yang lebih aman. Seperti tas, jaket, saku baju atau celana, dan lain sebagainya.

4. Gunakan Kunci Ganda Pengaman

Menggunakan kunci ganda pengaman akan membuat motormu lebih aman dari pencurian motor. Caranya dengan memakai kunci tambahan pada area-area motor yang sulit dijangkau pencuri.

Contohnya seperti menggunakan gembok cakram pada bagian ban motor, memasang alarm pada motor, memasang GPS, dan lain sebagainya. Dengan cara ini kamu bisa memperkecil kemungkinan motormu diincar pencuri.

5. Lepaskan Beberapa Komponen Penting

Melepaskan beberapa komponen penting pada motor merupakan cara yang dilakukan ketika ingin meninggalkan motor dalam waktu lama. Misalnya ketika ingin pulang kampung karena liburan panjang.

Komponen penting yang sebaiknya kamu lepas adalah busi, aki, ban motor, dan lain sebagainya. Alasannya, jika kamu meninggalkan motor dalam waktu lama, motormu akan sulit dihidupkan.

Hal ini juga menjadi salah satu cara agar motormu tidak dicuri maling ketika kamu tinggal pergi dalam kurun waktu yang lama. Pencuri akan berpikir dua kali untuk mencuri motormu.

Baca Juga :  Pria ini Ditangkap Usai Curi Honda Vario di Driyorejo Gresik

Itulah beberapa cara agar motormu tidak dicuri maling. Tetap waspada meskipun sudah menggunakan pengaman motor. Semoga informasi ini bermanfaat. (bbs/nic)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.