30 Ventilator Senilai Rp13 miliar Dari Astra Group Untuk Tiga Rumah Sakit Bantu Pasien Positif Covid-19

oleh -1.282 views

Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso (kiri) dan Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-Kl, MARS (kanan) memperlihatkan berita acara serah terima bantuan 15 ventilator kepada RSPAD Gatot Soebroto (27/4).

KILASJATIM.COM, Jakarta – Astra melalui Nurani Astra menyalurkan bantuan tahap ketiga untuk pencegahan penyebaran Covid-19 berupa 30 ventilator senilai Rp13 miliar kepada tiga rumah sakit untuk membantu pasien positif Covid-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut, Senin (27/4/2020).

Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengatakan, bantuan tahap ketiga ini diserahkan setelah Astra sebelumnya menyalurkan bantuan tahap awal dan kedua yang totalnya mencapai Rp 93 miliar.

Dengan tambahan bantuan tahap ketiga tersebut, maka total bantuan Astra untuk menangani pencegahan penyebaran Covid-19 dan membantu pasien positif Covid-19 telah mencapai lebih dari Rp106 miliar.

“Segala bentuk bantuan Astra merupakan wujud keseriusan kami untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19, mempercepat penanganan pasien positif Covid-19, dan meringankan beban sosial masyarakat. Tentu kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir,”ujar Prijono Sugiarto.

Astra menyerahkan 30 ventilator kepada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (lima unit). Penyerahan ventilator kepada tiga rumah sakit tersebut dilakukan bertahap oleh Chief of Corporate Human Capital Development Astra, Aloysius Budi Santoso, didampingi oleh Direktur PT United Tractors Tbk Edhie Sarwono.

Untuk penyerahan kepada RSPAD Gatot Soebroto diterima oleh Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp. THT-KL., MARS. Penyerahan 10 ventilator kepada Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet akan diterima oleh Koordinator RS Darurat Penanggulangan Covid-19 Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi HS, Sp.B, FinaCS, sedangkan penyerahan lima ventilator kepada RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso akan diterima oleh Direktur RSPI Sulianti Saroso dr. Mohammad Syahrir, SpP, MPH.

Sebelumnya, pada bantuan tahap awal, Astra telah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran Covid-19 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, serta donasi sebesar Rp40 miliar melalui suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia.

Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso (kiri) dan Direktur PT United Tractors Tbk Edhie Sarwono (kanan) berbincang bersama Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-Kl, MARS (kedua kiri) dan Koordinator Penerimaan Bantuan untuk RSPAD Gatot Soebroto Kolonel Ckm Dr. dr. Agus Yunianto (kedua kanan) pada acara penyerahan 15 ventilator untuk RSPAD Gatot Soebroto (27/4).

Astra juga telah mendonasikan 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR 71) kepada Palang Merah Indonesia. Ada juga bantuan berupa alat pencegahan penyebaran Covid-19 kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek dan inisiatif Astra dalam menggerakkan beberapa penerima SATU Indonesia Awards di pelosok tanah air untuk turut membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Pada bantuan tahap kedua, Astra menyerahkan donasi senilai Rp30 miliar secara bertahap kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya guna mencegah penyebaran Covid-19. Seiring dengan penyerahan bantuan tersebut, Astra juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam Gerakan #SemangatSalingBantu yang diawali dengan gerakan menggunakan masker berbahan kain saat keluar rumah.

Melalui tagar #SemangatSalingBantu dan #KitaSATUIndonesia, Astra mengajak masyarakat untuk mengunggah satu foto pada akun Instagram feed pribadi dengan menggunakan masker berbahan kain yang akan dikonversikan menjadi satu masker berbahan kain dari hasil komunitas binaan Astra untuk kemudian didonasikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Dari gerakan #SemangatSalingBantu dan #KitaSATUIndonesia pada 14-22 April 2020, diperoleh 3.659 posting di Instagram dan seluruhnya dikonversi menjadi 3.659 masker kain untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Dukungan Astra dalam menangani Covid-19, meringankan dampak sosial bagi masyarakat, dan menggalang gerakan #SemangatSalingBantu sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk “sejahtera bersama bangsa”.  (kj8)

No More Posts Available.

No more pages to load.