207 Jemaah Haji Kota Batu Dilepas Menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya

oleh -643 Dilihat

Foto: Ist/Pemkot Batu

KILASJATIM.COM, Batu – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Batu dilepas keberangkatannya menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya oleh Rahmatullah, Kasubag TU sekaligus Plh. Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batu, pada Senin (13/5/2024) pukul 18.00 WIB.

Berlangsung di Masjid Sultan Agung Kota Batu, prosesi pelepasan ratusan CJH Kota Batu ini turut disaksikan oleh Supriyanto, Staf Ahli Wali Kota Bidang Administrasi Kemasyarakatan, KH Abdullah Thohir, Ketua MUI Kota Batu dan ribuan keluarga CJH.

Dalam sambutannya, Rahmatullah berpesan agar para jemaah haji selalu menjaga niat dan menjaga kesehatannya. “Jaga niat saat menjalankan ibadah haji dan jaga kesehatan fisik agar ibadah haji dapat berjalan lancar,” pesan Rahmatullah.

Sementara itu K.H. Abdullah Thohir, dalam sambutannya berharap para jemaah haji dapat kembali pulang dalam kondisi lengkap. “Semoga jemaah haji Kota Batu berangkat dalam keadaan lengkap dan pulang kembali ke tanah air juga dalam keadaan yang lengkap,” ujar K.H. Abdullah Thohir.

Tahun ini, di Kota Batu ada 207 calon jemaah haji yang terdiri dari 96 orang laki-laki dan 111 orang perempuan. Masuk dalam kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Surabaya, sebanyak 144 orang merupakan warga Kota Batu dan 63 orang mutasi dari Kabupaten Malang seperti Singosari, Karangploso, Dau, Pujon, Ngantang, Kasembon.

Dari 207 CJH tersebut, terdapat calon jemaah haji tertua asal Desa Pendem atas nama Muhammad dengan usia 88 tahun, dan calon jemaah haji termuda asal Desa Sumberbrantas atas nama Ahmad Bahrul Adiansyah dengan usia 22 tahun.

Menggunakan 5 armada bus, rombongan CJH Kota Batu ini selanjutnya akan menginap semalam di Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk diberikan pembekalan. Baru pada 14 Mei 2024 pukul 23.30 WIB, mereka akan diterbangkan ke tanah suci.

Baca Juga :  Dengan Prokes Ketat, Omset Mitra UMKM Kuliner Terbantu GoFood

Di kloter 14 ini, 207 jemaah haji Kota Batu bergabung dengan 95 jemaah haji asal Kota Surabaya dan 64 orang jemaah haji dari Tuban. Totalnya ada 366 orang, ditambah 5 orang petugas.

Dalam menunaikan seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji di tanah suci, nantinya mereka akan didampingi oleh 2 orang Petugas Haji Daerah (PHD) dari Pemerintah Kota Batu dan Kanwil Kemenag serta 3 orang tenaga medis.

Sebelumnya, acara seremonial pelepasan Calon Jemaah Haji tahun 1445 H/2024 M Kota Batu juga telah dilakukan oleh Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, pada Jumat, (8/5/2024) lalu. (bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.