2018 Pelanggan Tumbuh Pesat, XL East Region Perluas Infrastruktur Jaringan Hingga NTT dan Papua

oleh -741 Dilihat

Group head corporate communication XL axiata .tbk Tri Wahyuningsih, Group head XL axiata East Region Mochamad Imam Mualim dan General manager Huawei service, Ida I Dewa gede utama widyasmara dalam acara media gathering di Banyuwangi Selasa (18/12/2018)

BANYUWANGI, kilasjatim.com: – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) East Region merasakan tahun 2018 merupakan tahun yang penuh tantangan yang datang dari sesama operator maupun di dalam perusahaan itu sendiri. Namun dengan penuh optimis XL mampu melaluinya.

Optimis tersebut karena bertumpu pada tersedianya kualitas jaringan data yang semakin baik, termasuk jangkauan yang semakin luas, juga berbagai produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, XL Axiata berhasil meningkatkan performa perusahaan.

“Dengan jumlah pelanggan yang mencapai 30% dari total pelanggan XL Axiata per akhir September 2018 mendorong peningkatan trafik layanan, terutama layanan data hingga mencapai 59% dalam setahun,” kata Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, saat gathering dengan media di Banyuwangi Selasa (18/12/2018)

Ditambahkan, sepanjang tahun 2018, banyak menghadapi dinamika industri yang sangat menantang. Tantangan tersebut tidak hanya dari luar berupa kompetisi dengan operator lain, tetapi juga dari sisi perusahaan sendiri di mana dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan trafik.

“Kami harus mampu memenuhi ekspektasi pelanggan. Kami sadar benar, pelanggan sangat sensitif dengan kualitas layanan. Kami harus bekerja keras menjaga kualitas layanan,” urainya.

Menurut Imam Mualim, di sebagian besar area di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, trafik layanan data terus meningkat pesat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna smartphone dan juga aktivitas digital pelanggan.

Sepanjang tahun ini, East Region telah menggelar sejumlah inisiatif untuk mendukung pertumbuhan tersebut, terutama dalam menyediakan infrastruktur jaringan data. Sampai dengan saat ini, XL Axiata di wilayah propinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur telah memiliki lebih dari 25.000 BTS. Terdiri dari BTS 2G sebanyak lebih dari 8.500 BTS, BTS 3G sebanyak lebih dari 11.000 BTS dan BTS 4G sebanyak lebih dari 5.500 BTS dengan sebaran masing-masing, untuk BTS 4G, lebih dari 3.400 BTS di Jawa Timur, lebih dari 1.250 BTS di Bali, lebih dari 800 BTS di NTB dan lebih dari 20 di NTT.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison - Cisco Bermitra Hubungkan Banyak Perusahaan dan Pelaku Bisnis Secara Digital

Sementara itu untuk BTS 3G, 6.400 BTS di Jawa Timur, lebih dari 2.600 BTS di Bali, lebih dari 1.800 BTS di NTB dan lebih dari 380 di NTT.
Meski sejak tahun lalu layanan 4G telah masuk ke semua kota dan kabupaten di Jawa Timur dan Bali, namun pembangunan infrastruktur internet cepat ini terus berlangsung.

Penambahan BTS 4G dan 3G tetap dilanjutkan demi meningkatkan kualitas layanan seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan, juga perluasan ke area-area yang belum dapat mengakses layanan data secara maksimal, seperti di area pinggir kota dan pedesaan.

Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan yang aktif mengakses layanan data juga terus tumbuh di area pinggiran kota dan pedesaan, di mana aktivitas ekonomi digital yang dilakukan masyarakat juga terus tumbuh.

Tumbuhnya aktivitas ekonomi digital masyarakat memang menjadi perhatian XL Axiata East Region. Apalagi di wilayah operasi ini, baik di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT memiliki potensi wisata yang sangat besar. Industri wisata yang mengandalkan indahnya panorama alam, banyak di antaranya berlokasi jauh di pedesaan, telah mampu menggerakkan ekonomi warga melalui promosi di media sosial dan saluran informasi digital lainnya.

Aktivitas ini selanjutnya memicu trend pemasaran digital untuk produk-produk UKM yang dikelola warga, yang berarti pula menjadi peluang bagi XL Axiata untuk terus memperluas jangkauan layanan data berkualitasnya.

“Dalam mengembangkan usaha, selain berorientasi bisnis, XL Axiata juga berusaha semaksimal mungkin untuk ikut mendukung visi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Infrastruktur layanan data berkualitas tinggi yang terus kami bangun hingga pelosok daerah akan bisa menggerakkan roda perekonomian rakyat, juga meningkatkan kinerja di berbagai sektor lainnya, terutama sektor pelayanan publik, seperti pendidikan dan kesehatan. Mengingat besarnya manfaat yang bisa masyarakat peroleh dari layanan berbasis teknologi digital, maka kami pun menyelenggarakan program-program edukasi pemanfaatan sarana digital bagi berbagai kalangan masyarakat, antara lain petani, nelayan, kaum perempuan, pendidikan, hingga anak-anak muda kreatif,” papar Aal panggilan akrab pria berkacamata minus ini.

Untukenjawab kebutuhan pelanggan yang beragam, disiapkan sejumlah layanan terutama data. Diantaranya Untuk pelanggan layanan prabayar XL, terdapat paket unggulan seperti paket Xtra Combo Lite, Xtra Kuota, serta paket smartphone 4G Xtream, Xtra Combo. Sedangkan untuk layanan AXIS, terdapat produk Bronet 24 Jam,4G Owsem, Voucher Internet AIGO, Axis Hyphone. Paket smartphone Hyphone ini hadir dengan tiga layanan dari penyedia layanan yaitu JOOX untuk streaming musik, AOV dan FreeFire untuk gim, dan Line untuk chatting.

Baca Juga :  Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Indosat Ooredoo Luncurkan Inovasi Kesehatan Digital Lewat Aplikasi IMove

Pada layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari program XL Prioritas Shopping Points. Seluruh produk ini terbukti mampu meningkatkan penetrasi layanan XL Axiata oleh semua tingkatan usia sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sementara itu, untuk program tanggung jawab sosial perusahaan, di wilayah East Region, telah diselenggarakan antara lain Gerakan Donasi Kuota dengan telah menyalurkan 217 paket donasi modem dan kuota data ke 217 sekolah di seluruh provinsi wilayah East Region, termasuk di seluruh Sulawesi.

Sepanjang tahun 2018, XL Axiata juga melakukan perluasan hingga Sulawesi
Guna meningkatkan kualitas layanan sekaligus menjaga performa bisnis ke depan, XL Axiata masih akan terus membangun infrastruktur jaringan di seluruh wilayah East Region.

Terlebih lagi XL Axiata juga memiliki sejumlah produk layanan baru yang membutuhkan dukungan jaringan data yang kuat, antara lain adalah layanan fiber broadband XL Home yang kini sudah bisa diakses di Makassar, Sulawesi Selatan. Selain itu layanan Internet of Things (IOT) juga akan terus dikembangkan dan tidak menutup kemungkinan akan menjangkau area-area di wilayah ini.

“Saat ini XL Axiata East Region melalukan perluasan wilayah
operasional dengan masuknya seluruh provinsi di Sulawesi, Maluku dan Papua per bulan November 2018 lalu. Kebijakan ini ditempuh sebagai bagian dari penyesuaian pada strategi bisnis perusahaan,” papar Aal.

Jumlah total pelanggan XL Axiata di wilayah ini sebanyak lebih dari 1.7 juta pelanggan, dengan 85 % di antaranya merupakan pelanggan layanan data. Infrastruktur jaringan yang menopang antara lain diperkuat dengan lebih dari 1.300 BTS 4G dan lebih dari 2.100 BTS 3G. Ada total 55 kota/kabupaten yang kini warganya sudah bisa menikmati layanan internet cepat 4G. (kj2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News