Telkomsel Luncurkan TCash BTN Cermat

oleh

*Jangkau Hingga Pelosok Beri Kemudahan Akses Layanan Keuangan

Dirut Telkomsel Ririek ArdiansyahAdrdan Dirut BTN Maryono bersama jajaran direksi lainnya meresmikan peluncuran Tcash BTN Cermat di Malang, Kamis (10/05/2018)

 

MALANG, kilasjatim.com:
Telkomsel melalui TCASH, uang elektronik mengembangkan kerja sama strategis dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.(Bank BTN) menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia mengakses layanan keuangan lewat telepon selular (ponsel).

Malang menjadi kota pertama pengembangan kemitraan strategis antara TCASH dan BTN Cermat yang tujuannya memudahkan masyarakat bertransaksi melalui uang elektronik sekaligus mendukung program pemerintah untuk keuangan inklusif (Laku Pandai).

Layanan ini diharapkan berkontribusi pada target jumlah pelanggan TCASH sebanyak 40 juta pelanggan dan nasabah Tabungan BTN Cermat 20.000 nasabah hingga akhir tahun ini.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Ardiansyah mengatakan kerjasama ini turut membantu Telkomsel merealisasikan visi perusahaan untuk menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi, guna menghubungkan lebih banyak pelanggan di segmen mikro ke layanan finansial dan sekaligus mendukung program pemerintah untuk keuangan inklusif.

“Dengan layanan TCASH-BTN Cermat ini mereka bisa mempunyai rekening dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas, tidak hanya network-nya tetapi juga banyaknya agen yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, ” kata Ririek saat acara peluncuran layanan keuangan TCASH-BTN Cermat di Lapangan Asrikaton Pakis, Malang, Kamis (10/05/2018).

Lebih lanjut Ririek menjelaskan terciptanya kerjasama ini karena Telkomsel dan BTN sama-sama mempunyai komitmen untuk mengembangkan layanan digital.

“BTN ingin bergerak ke layanan digital, sedangkan kita sudah punya layanan itu. Sehingga kita bisa menggabungkan keduanya. Masyarakat akan dimudahkan bertransaksi dengan TCASH sama dengan transaksi dengan perbankan termasuk mendapat kredit mikro, KUR dan KPR yang lebih cepat dan akurat,” sambung Ririek.

Saat ini pelanggan TCASH Telkomsel mencapai 20 juta dengan 10 juta transaksi per bulan akan bisa menikmati layanan TCASH-BTN Cermat. Dia juga berharap layanan ini bisa berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan TCASH yang tahun ini ditargetkan tumbuh menjadi 40 juta pelanggan seiring tumbuhnya pelanggan Telkosemsel yang saat ini mencapai lebih dari 200 juta.

Sedangkan jumlah merchant yang saat ini sebanyak 50.000 merchant akan ditingkatkan menjadi 100.000 merchant.Kerjasama tidak hanya dilakukan di Malang saja, tapi ini di seluruh Indonesia sehingga produk TCASH nanti juga merupakan produk BTN. Di telkomsel sendiri juga ada layanan credit scoring.

Sejauh ini, kerjasama untuk pengembangan layanan TCASH baru dilakukan dengan BTN. Namun tak menutup kemungkinan kerjasama dengan bank-bank lain, karena untuk itu butuh persiapan.

Sementara itu, Dirut BTN Maryono menyatakan peluncuran layanan TCASH-BTN Cermat ini akan mendorong bertambahnya jumlah masyarakat yang bisa melakukan transaksi perbankan.

“Kerjasama BTN dengan Telkomsel ini akan membantu mereka yang selama ini belum melakukan transaksi perbankan. Upaya BTN membuka akses perbankan untuk masyarakat misalnya dengan tabungan laku pandai atau tabungan BTN Cermat selaras dengan usaha Telkomsel yang juga mempunyai produk pembayaran digital, yaitu TCash. Nantinya tidak hanya dipakai untuk pembayaran tapi juga kegiatan inklusi lainnya seperti bisa pemberian kredit atau pembayaran angsuran kredit dan lainnya,” papar Maryono. (kj4)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *