TAM Lakukan Penyegaran Luncurkan New Fortuner dan New Kijang Innova Dibanderol Hingga Rp 500 Juta

oleh


KILASJATIM.COM, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran produk untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan mengenalkan New Fortuner dan New Kijang Innova. Dua market leader di masing-masing segmennya tersebut melengkapi produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV).

Harga OTR New Fortuner di Surabaya dipatok Rp.510 juta – Rp.600 jutaan, sedangkanharga OTR New Kijang Innova di Surabaya mulai Rp.300 juta – 500 jutaan.

Dua market leader di masing-masingsegmennya tersebut kini tampil lebih kokoh dan semakin nyaman. Improvement pada eksterior, interior dan safety membuat New Fortuner dan New Kijang Innova tampil makin mengesankan, kian prestisius dan elegan.

President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda mengaku dengan hadirnya dua market leader ini sebagai kebangaan tersendiri dapat mempersembahkan kedua produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia, juga digunakan oleh berbagai negara lainnya.

Fortuner dan Kijang Innova merupakan bagian dari proyek global Toyota di bawah naungan innovative IMV. Bersama New Hilux yang mendukung mobilitas bisnis, ketiganya adalah bagian dari program IMV yang memberikan keleluasaan pada Toyota untuk mengembangkan 3 segmen produk dari platform yang sama. Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia, ketiga produk ini telah berhasil mencatat penjualan total lebih dari 2,2 juta unit.

Kedua produk ini juga menjadi market leader di segmen masing-masing. Pada periode Januari-Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94% pangsa pasar whole sales medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit. Sementara Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

”Kedua produk ini merupakan produk yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Fortuner dikenal dengan ketangguhannya, sementara Kijang Innova merupakan mobil legendaris pilihan keluarga Indonesia. Untuk itu kami melakukan pembaruan pada New Fortuner dan New Kijang Innova dengan tetap mempertahankan DNA kedua mobil ini, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini serta tren yang senantiasa berkembang. Kami harap New Fortuner maupun New Kijang Innovadapat menjadi pilihan terbaik dalam mendukung mobilitas keluarga Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Operation Manager Auto2000 Jawa Timur, Judianto, mengatakan peluncuran New Fortuner dan New Kijang Innova menjadi penutup tahun ini. Untuk 2021, telah disiapkan model-model yang tidak kalah menarik. Ia optimis, kedua varian inimampu mencapai penjualan di Jatim sebesar 12.500 unit hingga akhir tahun.

‘Penjualan Fortuner pada kuartal IV/2020 meningkat dibandingkan dengan pencapaian pada kuartal III. Dengan adanya varian New Fortuner, diharapkan bisa meramaikan pasar SUV High di Jatim dan Auto2000 dapat mencapai target penjualan minimal 1.100-1.300 unit per bulan,” jelasnya.

Judianto menyebutkan, market share Toyota Fortuner di Jatim pada 2020 meningkat 1,5% menjadi 28,5% untuk kelas SUV 4×2 High, namun tidak diikuti oleh kelas SUV 4×4 yg mengalami penurunan 3,2% menjadi 5,4% dibandingkan pencapaian tahun lalu.Sedangkan kontribusi penjualan Toyota Fortuner terhadap total model all Toyota sebesar 5,3% atau rata-rata 50-60 unit/bulan.

Sedangkan market share Toyota Innova di Jatim untuk 2020 mengalami penurunan 0,4% menjadi 92,1% dibandingkan dengan pencapaian pada 2019. Kontribusi penjualan Toyota Innova terhadap total model all Toyota sebesar 24,4% atau rata-rata 230-250 unit/bulan.

Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya Surabaya, Faris Hengky Irawan mengatakan, dengan adanya varian baru fortuner dan innova diharapkan bisa meramaikan pasar SUV High dan Medium MPV sehingga pihaknya bisa mencapai target penjualan minimal 1100 hingga 1300 unit perbulan untuk masing-masing produk (fortuner maupun innova).

“Dengan dua varian baru ini kami optimis mencapai angka penjualan 12.500 untuk Auto2000 Jawa Timur. Untuk stok selama periode launching, sekitar 35 unit untuk new fortuner dan 190 unit untuk new innova. Konsumen cukup inden setengah bulan,” ujar Henky.

Pada periode Januari hingga Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94 persen pangsa pasar Whole Sales Medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit. Sementara itu, Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1 persen di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit. (kj2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *