Senyum Ramah Boneka Gabus

oleh

Malang,  kilasjatim.com:
Boneka bermacam karakter rapi dipajang diatas meja. Dari Upin-Ipin cs hingga sepasang pengantin Jawa tersenyum ramah menyambut pengunjung.

Boneka-boneka berwajah imut buatan Anang Sulistiono, perajin ukir bambu yang banting setir membuat boneka karakter berbahan gabus.

“Awalnya saya coba-coba bikin bonek ini dari gabus bekas. Saya pajang kok laku, lantas ada yang pesan. Sejak itu saya mulai memproduksi,” katanya, Kamis (4/4).

Pemilik studio Tribun Pojok di Jl. Nuri ini mengisahkan sejak sepuluh tahun lalu ia sudah terjun membuat produk kerajinan berbahan bambu. Seperti hiasan dinding, patung berbentuk angsa, vas bunga, asbak dan masih banyak.lagi.

Saat itu kerajinan bambu peminatnya sangat tinggi, bahan bakunya juga mudah didapat. Lambat laun penggemar kerajinan ini mulai surut, seiring dengan sulitnya bahan baku. Sejak itu ia mulai berpikir, menciptakan produk baru yang bahan bakunya mudah didapat.

Sampai 2015 lalu, saat melihat boneka karakter di film kartun. Ia pun mencoba membuat dari gabus yang dihaluskan. Dengan beberapa sentuhan spon tipis untuk kostum dan bagian tubuh lain, jadilah boneka Upin-Ipin.

Membuat karakter boneka ia tidak mengalami kesulitan, cukup melihat gambar di internet tidak lama sebuah boneka akan tersaji dalam tabung mika.

“Saya pasar di instagram, ada yang komen, ada yang pesan buat sovenir ulang tahun, wisudah dan perkawinan. Ya, jadilah seperti sekarang,” kisahnya.

Ada pun harga boneka dipatok Rp 10-150 ribu. Dari hiasan pensil, boneka wisuda, olah raga dan pasangan pengantin. kj5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *