SBI Raih Penghargaan di INAPRO EXPO 2020, Pamerkan Hasil Produk Binaan CSR

oleh

Wali kota Surabaya Tri Rismaharini menyerahkan penghargaan krpafa PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban sebagai perusahaan dengan penataan stand product terbaik dalam acara Pameran INAPRO EXPO 2020, yang berlangsung di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya Minggu (22/11/2020)

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban mendapatkan penghargaan dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur sebagai perusahaan dengan penataan stand product terbaik dalam acara Pameran INAPRO EXPO 2020, yang berlangsung di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya. Penghargaan diserahkan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini pada saat acara penutupan INAPRO EXPO 2020.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 19 sampai 22 November 2020 ini sebelumnya dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifar Indar Parawansa. Dengan tema “Bangga Buatan Indonesia” INAPRO EXPO ini dimaksudkan untuk mendukung gerakan pemulihan ekonomi nasional. Diikuti oleh kurang lebih 133 UMKM yang terdiri dari kelompok binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Kota se-Jatim, BUMN/ BUMD, Asosiasi, Pelaku Usaha, dan lain-lain. Seperti kelompok binaan PT Pertamina, PT Jasamarga, Bank Jatim, Bank BRP Jatim, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Disperindag Kota Jember, Madiun, Bangkalan, Univesitas Negeri Surabaya, dan lainnya.

Erwin Halomoan Purba, General Manager PT Solusi Bangun Indonesia Pabrik Tuban mengungkapkan, melalui Program CSR, SBI Tuban ingin memberikan nilai tambah bagi para masyarakat di sekitar area pabrik agar dapat menjadi lebih berdaya dan kreatif.

” Keikutsertaan kelompok binaan SBI dalam pameran ini, merupakan bagian dari upaya untuk mendorong keberlanjutan dan kemandirian usaha kecil yang selama ini kami bina. Selain itu kami mengajak semua elemen masyarakat bersama-sama untuk ikut serta dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.Semoga dengan adanya penghargaan ini dapat meningkatkan motivasi kami untuk menjadi perusahaan yang selalu memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar pabrik kami,” ujarnya.

Sejalan dengan tema tersebut, SBI Tuban yang telah melakukan berbagai program pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat menyambut positif kegiatan ini. Sekitar 10 kelompok binaan berpartisipasi secara komunal dalam kegiatan ini. Diantaranya kelompok SARI LAUT dari Desa Glondonggede, yang lebih dikenal dengan produk olahan hasil laut dengan merk NAISHA. Dengan produk unggulan Stik Ikan, sebelumnya produk kelompok Sari Laut telah mampu menembus minimarket Alfamart dan Indomart di kabupaten Tuban. Tidak hanya itu, kelompok ini bahkan juga memproduksi Ikan Crispy, abon ikan, serta aneka Frozen Food meskipun dalam varian terbatas.
Kelompok binaan SBI lainnya yang terlibat dalam INAPRO Expo adalah Susi Cake & Crispy yang tidak hanya memproduksi aneka snack kering, tetapi juga jajanan tradisional dan aneka bakery.

Susi Cake & crispy merupakan salah satu kelompok binaan dalam Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Dimana SBI Tuban melakukan pemberdayaan terhadap perempuan yang berperan secara sosial dan ekonomi sebagai kepala keluarga di lingkungannya.Dan yang tidak kalah menarik yaitu keterlibatan kelompok REMPA (Remaja PKK Desa Merkawang) melalui D’Lontar Ecoprint. Ecoprint merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami, seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna dengan bahan kain tertentu.

Karya D’Lontar Ecoprint ini dipasarkan dalam bentuk kain dan produk siap pakai seperti kemeja, blouse, tunik dan berbagai produk turunan lainnya. Kelompok binaan SBI lainnya yang terlibat adalah kelompok SWEET (Sawir Women Enterpreuner), Lily’s Bakery, Kopi Mbah Dok dan lain-lain.
Penyelenggaran INAPRO 2020 ini sejalan dengan visi SBI untuk menyediakan solusi berkelanjutan bagi masa depan masyarakat. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *